HANA MAISARHOTIN, 126310211009 (2025) PENGARUH CAPTION BERMUATAN MICROFICTION PADA MEDIA SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN MINAT BACA DI KALANGAN MAHASISWA UIN SAYYID ALI RAHMATULLLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER1.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
BAB I (1).pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
![]() |
Text
BAB V (1).pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
Abstract
ABSTRAK Minat baca di kalangan mahasiswa mengalami penurunan seiring dengan meningkatnya penggunaan media sosial yang lebih mengutamakan konten visual dan ringkas. Namun, munculnya bentuk narasi singkat seperti caption microfiction di media sosial membuka potensi baru dalam menumbuhkan minat baca di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh caption microfiction terhadap peningkatan minat baca mahasiswa, dengan menggunakan pendekatan teori Uses and Gratifications serta teori Motivasi oleh Ryan dan Deci (2000) dan teori Literasi Modern oleh Paul Gilster (1997). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa UIN SATU Tulungagung yang aktif menggunakan media sosial dan membaca caption microfiction. Teknik analisis data menggunakan tabulasi frekuensi dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui tingkat signifikansi 0,000 > 0,05 maka minat baca mahasiswa memiliki pengaruh terhadap penggunaan caption bermuat microfiction dimedia sosialSaran dari penelitian ini adalah agar penulis dan konten kreator di media sosial terus mengembangkan caption microfiction sebagai media edukatif yang menarik, dan agar institusi pendidikan mulai memanfaatkan konten singkat berbasis fiksi sebagai alternatif literasi digital untuk meningkatkan minat baca mahasiswa di era media sosial. Kata kunci: caption microfiction, literasi digital, minat baca, motivasi, media sosial
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Mahasiswa Ilmu Perpustakaan > Pemustaka Pendidikan Ilmu Perpustakaan > Perpustakaan Perguruan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam |
Depositing User: | 126310211009 HANA MAISARHOTIN |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 01:40 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 01:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60863 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |