ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ 3 SMK SORE TULUNGAGUNG PADA MATERI MATRIKS

MUHAMMAD SU’UD, 126204213176 (2025) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ 3 SMK SORE TULUNGAGUNG PADA MATERI MATRIKS. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (994kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (282kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (596kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Su’ud, Muhammad. 2025. Analisis Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI SMK SORE Tulungagung Pada Materi Matriks. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Skripsi: Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci: Pemahaman Konsep matematis, Gaya belajar, Matriks. Pemahaman konsep matematis harus dimiliki dan dikembangkan dengan baik oleh siswa karena dalam pembelajaran matematika siswa tidak hanya sekedar menerima pengetahuan saja tetapi juga harus mampu membangun konsep pengetahuan itu sendiri. Pemahaman konsep matematis adalah kemampuan untuk menangkap dan memahami ide-ide matematika. Pada penelitian ini peneliti menghubungkan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan gaya belajar yang dimiliki siswa. Guna mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, peneliti menggunakan tiga indikator kemampuan pemahaman konsep matematis meliputi: Translasi, Interpretasi, dan Ekstrapolasi . Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa dengan gaya belajar visual pada materi matriks. 2) Untuk mendeskripsikan pemhaman konsep matematis siswa dengan gaya belajar auditorial pada materi matriks. 3) Untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik pada materi matriks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi yang diguanakan dalam penelitian ini adalah SMK SORE Tulungagung. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 siswa dengan gaya belajar tipe visual, 2 siswa dengan gaya belajar tipe auditori, dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Metode yang digunakan melliputi pemberian angket, tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data pada penelitian ini dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pemahaman konsep matematis siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi tiga indikator yaitu : translasi, interpretasi, dan ekstapolasi. 2) Pemahaman konsep matematis siswa dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi tiga indikator yaitu : translasi, interpretasi, dan ekstapolasi. 3) Pemahaman konsep matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik tidak mampu memahami konsep matematis karena hanya memenuhi dua indikator saja yaitu: translasi dan ekstrapolasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204213176 MUHAMMAD SU'UD
Date Deposited: 12 Aug 2025 03:38
Last Modified: 13 Aug 2025 01:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60882

Actions (login required)

View Item View Item