FATMA NABILA ZUHDA, 126308213225 (2025) PENGARUH SELF-DISCLOSURE TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM JOMBANG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Self-Disclosure terhadap Penyesuaian Diri Santri Baru di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang” ini ditulis oleh Fatma Nabila Zuhda, NIM. 126308213225, dengan pembimbing/promotor Indah Nadzifah Hayati, M.Psi., Psikolog Kata kunci: Self-Disclosure, Penyesuaian Diri, Santri Baru, Pondok Pesantren. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penyesuaian diri santri baru di pondok pesantren yang kerap kali menghadapi tantangan psikologis dan sosial, terutama dalam lingkungan baru yang memiliki aturan ketat dan budaya berbeda. Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam yang besar di Indonesia, menjadi tempat berkumpulnya santri dari berbagai latar belakang. Dalam konteks ini, kemampuan santri untuk mengungkapkan diri (self-disclosure) diyakini berperan penting dalam proses penyesuaian diri mereka terhadap lingkungan pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap secara mendalam: (1) bagaimana tingkat self-disclosure yang dimiliki oleh santri baru; (2) bagaimana proses penyesuaian diri yang mereka alami; dan (3) sejauh mana self-disclosure berpengaruh terhadap penyesuaian diri santri baru di lingkungan pondok pesantren. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angketkepada santri baru yang memenuhi kriteria penelitian, dan data dianalisis menggunakan uji statistik regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara self-disclosure terhadap penyesuaian diri santri baru sebesar 32,4%. Santri yang memiliki tingkat self-disclosure tinggi cenderung lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, baik secara sosial, emosional, maupun akademik. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman mengenai pentingnya komunikasi interpersonal dalam mendukung proses penyesuaian diri remaja di lingkungan pesantren yang berkarakteristik kolektif dan religius.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Islàm Pendidikan Islam > Pondok pesantren Psikologi > Psikologi pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | 126308213225 FATMA NABILA ZUHDA |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 02:59 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 02:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60920 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |