FITRI SABRINA NUR AZIZAH, 126204213204 (2025) PENGARUH MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBASIS MEDIA PROYEKSI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII MTS NEGERI 7 KEDIRI. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (619kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Missouri Mathematics Project Berbasis Media Proyeksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Di Kelas VIII MTs Negeri 7 Kediri” ini ditulis oleh Fitri Sabrina Nur Azizah, NIM. 126204213204, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Sutopo, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Hal ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang masih terfokus pada guru sehingga siswa kurang aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, diperlukan penerapan model pembelajaran yang dapat memberikan ruang kepada siswa untuk aktif yaitu dengan diterapkannya model missouri mathematics project. Dengan diterapkannya model missouri mathematics project ini diharapkan siswa dapat aktif baik dalam kegiatan diskusi kelompok maupun yang lainnya selama kegiatan pembelajaran berlangsung sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model missouri mathematics project berbasis media proyeksi terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kelas VIII MTs Negeri 7 Kediri, (2) untuk mengetahui besarnya pengaruh model missouri mathematics project berbasis media proyeksi terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kelas VIII MTs Negeri 7 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dengan metode quasi experiment (eksperimen semu). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 7 Kediri tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII A yang berjumlah 27 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B yang berjumlah 27 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes yang kemudian data dianalisis dengan menggunakan independent sample test dan rumus Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model missouri mathematics project berbasis media proyeksi terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kelas VIII MTs Negeri 7 Kediri dengan nilai signifikansi sebesar 0,018, (2) besarnya pengaruh model missouri mathematics project berbasis media proyeksi terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kelas VIII MTs Negeri 7 Kediri dengan nilai effect size sebesar 0,943.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204213204 FITRI SABRINA NUR AZIZAH |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 04:10 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 04:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |