MUHAMMAD WANTO IRAWAN, 12204183187 (2025) PENGARUH MODEL CYCLE LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII SMP NEGERI 2 GEDEG MOJOKERTO. [ Skripsi ]
![]() |
Text
Cover.pdf Download (758kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Cycle Learning Menggunakan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Materi Garis Dan Sudut Kelas VII SMP Negeri 2 Gedeg Mojokerto’’ yang ditulis oleh Muhammad Wanto Irawan, program studi tadris matematika, NIM. 12204183187, Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si Kata Kunci : Cycle Learning, Power Point, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor penyebab dari hal tersebut adalah karena mayoritas guru matematika masih menggunakan metode pembelajaran dengan cara ceramah dan penugasan. Selain itu, penggunaan media juga berpengaruh terhadap hasil belajar. Dengan demikian, diperlukan adanya inovasi pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah model Cycle Learning. Model Cycle Learning adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang dapat memotivasi siswa ketika belajar, berdiskusi, memberi penjelasan, dan mengembangkan. Sehingga, dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan tidak membosankan. Dengan menggunakan media power point proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model cycle learning menggunakan media power point terhadap hasil belajar materi garis dan sudut kelas VII SMP Negeri 2 Gedeg Mojokerto. (2) Untuk Mengetahui besar pengaruh model cycle learning menggunakan media power point terhadap hasil belajar materi garis dan sudut kelas VII SMP Negeri 2 Gedeg Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan bentuk post test. Variabel bebas pada penelitian ini adalah media pembelajaran power point, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa dari kelas VII C sebagai kelas kontrol dan 32 siswa sdari kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan test. Test berfungsi untuk mengukur hasil belajar siswa, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Analis data pada penelitian ini menggunakan uji Independent Sample T-test yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan untuk mengetahui besar pengaruh model cycle learning menggunakan media power point menggunakan perhitungan effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model Cycle Learning menggunakan media power point terhadap hasil belajar materi garis dan sudut siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gedeg Mojokerto. (2) Besar pengaruh model Cycle Learning menggunakan media power point terhadap hasil belajar materi garis dan sudut siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gedeg Mojokerto.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183187 MUHAMMAD WANTO IRAWAN |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 03:38 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 03:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61000 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |