PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS VII UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA SMP NEGERI 3 KALIDAWIR

ERICHA PUTRI MARETA, 126204213205 (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS VII UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA SMP NEGERI 3 KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (822kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (463kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Matematika Pada Materi Trigonometri Kelas VII Untuk Meningkatkan Minat Siswa SMP Negeri 3 Kalidawir" ini ditulis oleh Ericha Putri Mareta, NIM 126204213205. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung 2025, Dosen Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Media Interaktif, Tigonometri, Minat siswa, ADDIE Penelitian ini diantar belakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat di era modern, yang memberikan peluang bagi dunia pendidikan untuk menciptakan media pembelajaran yang inovatif dan efektif. Dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi trigonometri kelas VII, sering kali siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep dasar yang bersifat abstrak. Kurangnya variasi dalam metode pengajaran juga menjadi faktor yang menyebabkan rendahnya minat belajar siswa terhadap materi ini. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan video pembelajaran interaktif berbasis model ADDIE (Analysis, Design, Development,implementation, Evaluation) guna meningkatkan minat siswa terhadap matematika khususnya pada materi trigonometri. Video ini dirancang dengan visual dan animasi menarik agar materi lebih mudah dipahami dan lebih menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan metode Research and Development (R&D) dengan tahapan meliputi analisis kebutuhan, perancangan media, pengembangan konten, implementasi dalam pembelajaran, serta evaluasi efektivitas media terhadap minat siswa. Hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa video pembelajaran interaktif ini layak digunakan. Selain itu, uji coba yang dilakukan di SMP Negeri 3 Kalidawir menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa setelah menggunakan media ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pada proses pengembangan media pembelajaran interaktif melalui tahapan analisys (analisis), design (desain), development (pengembangan),implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). 2) produk media pembelajaran interaktif yang berupa video pembelajaran interaktif pada materi trigonometri bagi siswa SMP Negeri 3 kalidawir layak digunakan. Tingkat kelayakan produk berdasarkan penilaian ahli media dengan rata-rata 85% termasuk dalam kategori valid (layak digunakan). Penilaian ahli materi dengan rata-rata sebesar 88,6% termasuk dalam kategori valid (layak digunakan). Dan berdasarkan uji efektivitas menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa videopembelajaran interaktif pada siswa SMP Negeri 3 Kalidawir pada uji coba skala kecil dengansoal posttes dikatakan efektif dengan persentase 75% dan presentase soal posttest pada ujicoba skala besar sebesar 76%. 3) Video pembelajaran Ini dikatakan dapat meningkatkan minatsiswa setelah menggunakannya dengan presentase minat siswa pada pelajaran trigonometri dengan presentase 72%, sedangkan pada uji coba skala besar presentase angket minat siswa sebesar 78,92%. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis video pembelajaran interaktif pada materi trigonometri dapat digunakan pada saat pembelajaran dan efektif untukmeningkatkan minat siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204213205 ERICHA PUTRI MARETA
Date Deposited: 15 Aug 2025 06:48
Last Modified: 15 Aug 2025 06:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61065

Actions (login required)

View Item View Item