SUNATUL LAILA, 2817133189 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS V MI IRSYADUT THOLIBIN TUGU REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (180kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas V MI Irsyadut Tholibin Tugu Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Sunatul Laila, NIM. 2817133189, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Kooperatif, Jigsaw, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh temuan permasalahan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak yaitu rendahnya hasil belajar. Hal ini tampak ketika pembelajaran Aqidah Akhlak berlangsung, banyak peserta didik yang sibuk ngobrol sendiri ketika guru menjelaskan materi. Model pembelajaran yang telah digunakan dirasa kurang mampu membuat peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran, sehingga minat belajar peserta didik berkurang. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas V MI Irsyadut Tholibin Tugu Rejotangan Tulungagung. Rumusan masalah pada penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana peningkatan kerjasama kelompok peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan Akhlak Tercela melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw peserta didik kelas V MI Irsyadut Tholibin Tugu Rejotangan Tulungagung 2016/2017? 2) Bagaimana peningkatan keaktifan belajar Aqidah Akhlak pokok bahasan Akhlak Tercela melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw peserta didik kelas V MI Irsyadut Tholibin Tugu Rejotangan Tulungagung 2016/2017? 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar Aqidah Akhlak pokok bahasan Akhlak Tercela melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw peserta didik kelas V MI Irsyadut Tholibin Tugu Rejotangan Tulungagung 2016/2017?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan peningkatan kerjasama, keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Aqidah Akhlak materi Akhlak Tercela melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw kelas V MI Irsyadut Tholibin Tugu Rejotangan Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yakni: 1) menyusun perencanaan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action), 3) melaksanakan pengamatan (observing), 4) mengadakan refleksi (reflection). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V MI Irsyadut Tholibin Tugu Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 yaitu terdiri dari 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, maka telah terjadi peningkatan kerjasama, keaktifan dan hasil belajar peserta didik dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Hal ini dibuktikan berdasarkan observasi aktivitas peneliti meningkat dari 77% dengan kategori baik pada siklus I menjadi 94% dengan kategori sangat baik pada siklus II. Kerjasama peserta didik meningkat dari 75% dengan kategori cukup pada siklus I menjadi 95% dengan kategori sangat baik pada siklus II. Serta keaktifan peserta didik meningkat dari 80% dengan kategori baik pada siklus I menjadi 90% dengan kategori sangat baik pada siklus II. Begitu juga dengan ketuntasan belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dengan ditunjukkan presentase hasil belajar 16% dengan kategori kurang sekali pada tes awal (pre test) setelah mendapat penanganan pada siklus I hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 70,83% dengan kategori baik. Pada siklus II hasil belajar meningkat lagi menjadi 100% dengan kategori sangat baik. Dari hasil belajar pada siklus II telah menunjukkan adanya ketercapaian indikator keberhasilan yang telah ditentukan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133189 SUNATUL LAILA |
Date Deposited: | 25 Sep 2017 06:10 |
Last Modified: | 25 Sep 2017 06:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6110 |
Actions (login required)
View Item |