AMANDA FITA AULIANA, 126205211009 (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MATERI SIKLUS AIR KELAS V MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (703kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Amanda Fita Auliana. NIM. 126205211009. 2025. Skripsi dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran IPA Berbasis Project Based Learning Materi Siklus Air Kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: Bahan Ajar Pembelajaran IPA, Project Based Learning, Siklus Air Kelas V. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya media bahan ajar yang digunakan sebagai sarana untuk mempermudah proses pembelajaran sekaligus dapat menambah keaktifan peserta didik dalam belajar, serta perkembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada peserta didik kelas V karena dalam semua aspek kehidupan memerlukan kemampuan memecahkan masalah di dalamnya. Tujuan dalam penelitian pengembangan ini adalah : (1) Mengetahui pengembangan isi dari Bahan Ajar Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Berbasis Project Based Learning dalam kemampuan berpikir kritis dan kreatif di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol. (2) Mengetahui kelayakan Bahan Ajar Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Berbasis Project Based Learning yang divalidasi oleh para ahli. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian Research and Development dengan merujuk pada model pengembangan Borg and Gall dengan menggunakan tujuh dari sepuluh tahapan yang dimualai dari: 1) planning, 2) desain produk, 3) validasi desain, 4) revisi desain, 5) uji coba produk, 6) revisi produk, 7) penerapan lapangan. Hasil yang diharapkan pada penelitian ini adalah bahan ajar yang dikembangkan mendapatkan kategori “layak” dan/atau “sangat layak” dan sesuai kebutuhan dalam penelitian yang dilakukan di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : kualitas dari Bahan Ajar Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Berbasis Project Based Learning termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik kelas V. Hal tersebut, didapat melalui proses uji coba ahli dan uji coba lapangan. Isi dari Bahan Ajar Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Berbasis Project Based Learning juga disesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik. Respon peserta didik sendiri menunjukan antusias dan respon yang positif ketika disajikan produk bahan ajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205211009 AMANDA FITA AULIANA |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 04:07 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 04:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61116 |
Available Versions of this Item
- PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MATERI SIKLUS AIR KELAS V MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. (deposited 19 Aug 2025 04:07) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |