FATWA PARAMARTA, 126211211011 and HUSNI CAHYADI KURNIAWAN, 199012162018012001 (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS FLIPBOOK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 01 SRENGAT KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Flipbook pada Materi Usaha dan Energi untuk Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 01 Srengat Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Fatwa Paramarta, NIM. 126211211011, dengan pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, S.Si., M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya efektivitas pembelajaran fisika, khususnya pada materi Usaha dan Energi, yang disebabkan oleh keterbatasan bahan ajar konvensional dalam mendukung pemahaman peserta didik. Media pembelajaran berbasis digital, seperti flipbook, memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui penyajian materi yang lebih interaktif, visual, dan fleksibel. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar fisika berbasis flipbook dan menguji efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep Usaha dan Energi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana cara mengembangkan bahan ajar fisika berbasis flipbook pada materi Usaha dan Energi? (2) Bagaimana kelayakan bahan ajar fisika berbasis flipbook berdasarkan validasi ahli? (3) Bagaimana kepraktisan bahan ajar fisika berbasis flipbook menurut tanggapan peserta didik? (4) Bagaimana efektivitas bahan ajar fisika berbasis flipbook dalam meningkatkan pemahaman peserta didik? Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket validasi ahli, angket respon peserta didik, serta tes hasil belajar. Data dianalisis secara kuantitatif untuk menilai kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas bahan ajar yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar fisika berbasis flipbook memenuhi kriteria sangat valid berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media. Uji kepraktisan menunjukkan bahwa peserta didik memberikan respon positif terhadap penggunaan bahan ajar, yang dikategorikan sebagai sangat praktis. Selain itu, hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa peserta didik yang menggunakan flipbook mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan bahan ajar konvensional dengan kategori efektivitas yang tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa bahan ajar fisika berbasis flipbook sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran yang mendukung pemahaman konsep Usaha dan Energi. Saran dari penelitian ini adalah agar pengembangan bahan ajar berbasis digital terus dilakukan dengan menambahkan fitur interaktif lainnya, seperti simulasi eksperimen berbasis laboratorium virtual, untuk lebih meningkatkan efektivitas pembelajaran. Kata kunci: Bahan Ajar, Flipbook, Usaha dan Energi, Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran Fisika.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211211011 FATWA PARAMARTA |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 03:32 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 03:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61144 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |