NAURA TAZKIYATUN NADIA, 126204213194 (2025) ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IX DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SMPN 2 REMBANG PASURUAN. [ Skripsi ]
![]() |
Text
Cover .pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Abstrak .pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
BAB II SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
![]() |
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
![]() |
Text
BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
![]() |
Text
BAB VI .pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
Lampiran .pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Nadia, Naura Tazkiyatun. 2025. Analisis Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Merdeka di SMPN 2 Rembang Pasuruan. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi Dr. Sutopo, M. Pd. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Kurikulum Merdeka, Matematika, Siswa SMP Sistem pendidikan Indonesia telah mengalami banyak perubahan kurikulum, dan Kurikulum Merdeka hadir sebagai inisiatif terbaru yang menekankan pemberdayaan siswa, termasuk dalam hal kemandirian belajar. Kemandirian belajar dianggap penting karena mencerminkan kreativitas, tanggung jawab, dan inisiatif siswa, dan matematika dipilih sebagai fokus karena sering dianggap sulit oleh siswa, tantangan seperti rendahnya minat dan kepercayaan diri siswa menjadi salah satu alasan pemilihan subjek ini. Kurikulum Merdeka diharapkan mampu mendukung peningkatan kemandirian belajar siswa melalui pendekatan yang fleksibel, kontekstual, dan berpusat pada peserta didik. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana karakteristik siswa kelas IX dengan kemandirian belajar tinggi pada pembelajaran matematika berbasis Kurikulum Merdeka? (2) Bagaimana karakteristik siswa kelas IX dengan kemandirian belajar sedang pada pembelajaran matematika berbasis Kurikulum Merdeka? (3) Bagaimana karakteristik siswa kelas IX dengan kemandirian belajar rendah pada pembelajaran matematika berbasis Kurikulum Merdeka? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan karakteristik siswa kelas IX dengan kemandirian belajar tinggi pada pembelajaran matematika berbasis Kurikulum Merdeka. (2) untuk mendeskripsikan karakteristik siswa kelas IX dengan kemandirian belajar sedang pada pembelajaran matematika berbasis Kurikulum Merdeka. (3) untuk mendeskripsikan karakteristik siswa kelas IX dengan kemandirian belajar rendah pada pembelajaran matematika berbasis Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, di mana data diperoleh melalui angket dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemandirian tinggi berjumlah 5 orang, sedang berjumlah 18 orang, dan rendah berjumlah 5 orang. Diperoleh (1) siswa dengan kemandirian belajar tinggi memiliki inisiatif belajar yang kuat, mampu mengatur waktu dan strategi belajar secara mandiri, serta aktif dalam mencari sumber belajar tambahan. (2) siswa dengan kemandirian sedang memiliki potensi untuk belajar mandiri tetapi masih memerlukan bimbingan dari guru dalam mengatur strategi dan mengevaluasi hasil belajar mereka. (3) siswa dengan kemandirian rendah cenderung pasif, bergantung pada guru dan teman dalam memahami materi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204213194 NAURA TAZKIYATUN NADIA |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 03:44 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 03:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61168 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |