MUHAMMAD ISNAN MASRUKHIN, 12850121056 (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIZH AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK SEKOLAH (Studi Multisitus di SMP Islam Al-Azhar Tulungagung dan SMP Islam Al-Fattahiyah Tulungagung). [ Thesis ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (541kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Manajemen Pembelajaran Tahfizh AlQur’an dalam Meningkatkan Daya Tarik Sekolah (Studi Multisitus di SMP Islam Al-Azhar Tulungagung dan SMP Islam Al-Fattahiyah Tulungagung)” ini ditulis oleh Muhammad Isnan Masrukhin dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag. dan Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur’an, Daya Tarik Sekolah Tahfizh al-Qur'an merupakan pendekatan pendidikan yang fokus pada hafalan dan pemahaman Al-Qur'an, memiliki peran penting dalam pendidikan Islam. Namun, daya tarik sekolah yang menawarkan program tahfizh al-Qur'an terkadang belum optimal, disebabkan oleh faktor-faktor seperti kurangnya strategi pembelajaran yang efektif baik dari segi pendidik maupun peserta didik. Penelitian ini melibatkan konteks pendidikan Islam di Indonesia, di mana banyak lembaga pendidikan yang mengembangkan program tahfizh alQur'an. Globalisasi dan perkembangan media massa juga memberikan tantangan bagi pendidikan Islam, terutama dalam menjaga orisinalitas Al-Qur'an dan mencegah kemunduran moral dan perilaku tidak Islami. Penelitian ini mengemukakan bahwa pendidik memiliki peran penting dalam membimbing peserta didik dalam menghafal dan memahami Al-Qur'an. Oleh karena itu, strategi pembelajaran yang efektif harus melibatkan peran pendidik sebagai fasilitator dan penggerak dalam proses Tahfizh al-Qur'an. Selain itu, strategi pembelajaran juga perlu memperhatikan peran peserta didik, yang memerlukan motivasi dan kemandirian dalam menghafal dan memahami Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Merumuskan desain strategi pembelajaran yang berpusat pada pendidik tahfizh al-Qur’an dalam meningkatkan daya tarik sekolah di SMP Islam Al-Azhar Tulungagung dan SMP Islam Al-Fattahiyah Tuluangagung, 2) Merumuskan implementasi strategi pembelajaran yang berpusat pada pendidik tahfizh al-Qur’an dalam meningkatkan daya tarik sekolah di SMP Islam Al-Azhar Tulungagung dan SMP Islam Al-Fattahiyah Tuluangagung, 3) Merumuskan strategi pengendalian pembelajaran yang berpusat pada pendidik tahfizh al-Qur’an dalam meningkatkan daya tarik sekolah di SMP Islam Al-Azhar Tulungagung dan SMP Islam Al-Fattahiyah Tuluangagung, 4) Merumuskan strategi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik tahfizh al-Qur’an dalam meningkatkan daya tarik sekolah di SMP Islam Al-Azhar Tulungagung dan SMP Islam Al-Fattahiyah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan studi multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan dua tahap yaitu analisis situs tunggal dan analisis lintas situs menggunakan tiga alur yaitu: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Teknik analisis meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Melalui desain strategi pembelajaran yang matang dapat menjadi daya tarik sekolah. 2) melului Implementasi strategi yang konsisten dengan pembagian kelompok yang tepat dapat menjadi daya tarik sekolah. 3) Melalui strategi pengendalian pembelajaran yang tepat dan berkala serta pemanfaatan teknologi dapat menajdi daya tarik sekolah. 4) Melalui strategi pembelajaran tidak langsung, interaktif, dan mandiri, peserta didik dapat mengembangkan kemandirian dan meningkatkan pemahaman serta hafalan Al-Qur'an. Dalam konteks ini, peserta didik di pondok pesantren dan sekolah non-pesantren memiliki keuntungan dan tantangan yang berbeda dalam menerapkan strategi pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan melibatkan peran pendidik dan peserta didik dalam strategi pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an secara efektif dapat meningkatkan daya tarik sekolah. Strategi pembelajaran yang terencana dengan baik dan memperhatikan kemandirian peserta didik, serta pemanfaatan teknologi yang tepat sesuai konteks sekolah, merupakan faktor penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan Tahfidz Al-Qur'an.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12850121056 MUHAMMAD ISNAN MASRUKHIN |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 08:27 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 08:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61228 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |