IMPLEMENTASI SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 NGUNUT

FITANIA SYAHARANI EINADYA PUTRI, 126209212064 (2025) IMPLEMENTASI SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 NGUNUT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (844kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fitania Syaharani Einadya Putri, 126209212064, Implementasi Sistem Full Day School Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 1 Ngunut, Progam Studi Tadris IPS, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2025, Pembimbing: Dr. Dita Hendriani, M.A Kata Kunci: Sistem Full Day School, Motivasi Belajar, Sejarah Sistem pembelajaran Full Day School adalah salah satu inovasi pembelajaran untuk menjadikan sekolah unggul, inovatif, kreatif dengan sistem pembelajaran terpadu. Full Day artinya sehari penuh, dan School merupakan sistem dengan proses belajarnya berorientasi kepada mutu pendidikan. Pembelajaran di lingkungan sekolah seharian penuh dengan penambahan jam pelajaran agar peserta didik mampu memahami setiap mata pelajaran yang dipelajari. Motivasi belajar merupakan kekuatan mental yang mendorong terjadinya proses belajar, sehingga mempunyai minat belajar yang tinggi. Unsur- unsur yang mempengaruhi motivasi belajar yaitu cita- cita atau aspirasi peserta didik, kemampuan peserta didik, kondisi peserta didik, kondisi lingkungan peserta didik, dan upaya pendidik dalam membelajarkan peserta didik. Fokus penelitian dalam Skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan sistem Full Day School di SMA Negeri 1 Ngunut?, (2) Bagaimana strategi dalam meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran Sejarah untuk peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Ngunut?, (3) Bagaimana kendala atau hambatan pelaksanaan sistem Full Day School dalam meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran Sejarah untuk peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Ngunut?. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi dalam meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran Sejarah kelas X di SMA Negeri 1 Ngunut dalam sistem Full Day School. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu memaparkan aspek- aspek yang menjadi sasaran penelitian penulisan. Selanjutnya untuk jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data- data akurat dengan turun langsung ke lapangan dengan memanfaatkan metode menjawab dan mendeskripsikan suatu fenomena yang menjadi fokus penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan sistem Full Day School di SMA Negeri 1 Ngunut sejak tahun 2019/2020 dengan diterapkan kurikulum merdeka. Untuk struktur dan jadwal kegiatan belajarnya dimulai pukul 07.00- 15.00 WIB, selebihnya untuk kegiatan ekstrakurikuler. Namun, ada juga beberapa ekstrakurikuler dilaksanakan hari sabtu. Peserta didik aktif masuk selama lima hari, yaitu senin, selasa, rabu, kamis, dan jumat, (2) Strategi dalam meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran Sejarah, yaitu membuat peserta peserta didik lebih aktif, metode pembelajaran yang beragam, memaksimalkan penggunaan media belajar, menumbuhkan kompetisi, dan sering memberikan pujian, (3) Kendala atau hambatan pelaksanaan sistem Full Day School dalam meningkatkan motivasi belajar, yaitu kelelahan fisik pendidik dan peserta didik, kejenuhan mental, dan kapasitas tenaga pendidik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Pengetahuan Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209212064 FITANIA SYAHARANI EINADYA PUTRI
Date Deposited: 27 Aug 2025 04:18
Last Modified: 27 Aug 2025 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61317

Actions (login required)

View Item View Item