STRATEGI PEMBELAJARAN GURU IPS DALAM MEMBENTUK SIKAP SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG

ADINIA ANISKURLI, 126209211001 and BINTI MAUNAH, 196509031998032001 (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU IPS DALAM MEMBENTUK SIKAP SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (620kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi “Strategi Pembelajran Guru IPS Dalam Membentuk Sikap Sosial Siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Adinia Aniskurli, NIM. 126209211001, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang di bimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Guru IPS, Sikap Sosial Penelitian ini didasari atas keprihatinan terhadap kondisi sikap sosial siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung, yang ditandai dengan munculnya permasalahan seperti kurangnya disiplin diri, toleransi, tolong-menolong, sopan santun, dan kejujuran. Fenomena ini mengindikasikan adanya tantangan dalam pembentukan karakter siswa di lingkungan sekolah. Mengingat pentingnya sikap sosial dalam kehidupan bermasyarakat dan peran strategis mata pelajaran IPS dalam menanamkan nilai-nilai sosial, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam strategi yang diterapkan oleh guru IPS di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung dalam membentuk sikap sosial siswa. Untuk mendalami hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1.) Bagaimana kondisi sikap sosial siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung? 2.) Bagaimana konsep strategi pembelajaran guru IPS dalam membentuk sikap sosial siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung? 3.) Bagaimana jenis-jenis strategi pembelajaran yang digunakan guru IPS dalam membentuk sikap sosial siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, menggunakan pendekatan studi kasus. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini mengikuti prosedur yang sistematis, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui: 1.) Kondisi sikap sosial siswa yaitu menunjukkan kurangnya etika bersosial, terutama sopan santun dan rasa hormat antar siswa maupun terhadap guru, sehingga perlu penguatan nilai-nilai sikap sosial melalui strategi guru IPS. 2.) Konsep strategi pembelajaran guru IPS dalam membentuk sikap sosial siswa didasarkan pada pemahaman akan pentingnya pembentukan sikap sosial, yang kemudian diintegrasikan ke dalam pembelajaran. Guru juga menekankan perlunya lingkungan kelas yang kondusif untuk interaksi sosial positif. 3.) Jenis strategi pembelajaran guru IPS menerapkan beragam strategi pembelajaran untuk membentuk sikap sosial siswa. Strategi tersebut meliputi pembelajaran kooperatif, pembelajaran kontekstual dan pembelajaran afektif. Strategi-strategi ini diwujudkan melalui kegiatan seperti diskusi kelompok, penugasan proyek, studi kasus, dan pemberian umpan balik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209211001 ADINIA ANISKURLI
Date Deposited: 02 Sep 2025 02:21
Last Modified: 02 Sep 2025 02:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61360

Actions (login required)

View Item View Item