MUHAMMAD ABDUL JALIL, 1755154030 (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN IPS MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Multi Situs di MIN Pandansari Ngunut dan MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (81kB) |
||
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (737kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (30kB) | Preview |
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (20kB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran IPS Madrasah Ibtidaiyah (Studi Multi Situs di MIN Pandansari Ngunut dan MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung)” yang ditulis oleh Muhammad Abdul Jalil dibimbing oleh Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I dan Prof. Dr. H. Akhyak, M. Ag. Kata kunci: Pendidikan karakter, Pelajaran IPS Penelitian tesis ini dilatar belakangi oleh semakin mendesaknya kebutuhan akan pendidikan karakter dalam dunia pendidikan dan kebijakan pemerintah berkaitan dengan implementasi pendidikan karakter pada kurikulum lembaga pendidikan. Madrasah Ibtidaiyah merupakan lembaga pendidikan tingkat dasar yang dari awal pendiriannya fokus pada pengembangan pendidikan karakter atau dalam Islam dikenal dengan istilah pendidikan akhlak mulia. Kurikulum sebagai seperangkat rencana yang yang berisi tentang tujuan, materi, dan strategi sebagai pedoman kegiatan untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu berkaitan dengan implementasi pendidikan karakter pada Madrasah Ibtidaiyah perlu dilihat lebih dekat. Pertanyaan penelitian dalam penulisan Tesis ini adalah (1) Bagaimana konsep pendidikan karakter Pada mata pelajaran IPS MIN Pandansari dan MI Bendiljati Wetan? (2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter Pada mata pelajaran IPS MIN Pandansari dan MI Bendiljati Wetan? (3) Bagaimana hasil pendidikan karakter Pada mata pelajaran IPS MIN Pandansari dan MI Bendiljati Wetan? Tujuan dari penelitian ini adaah: (1) Mendeskripsikan konsep pendidikan karakter Pada mata pelajaran IPS MIN Pandansari dan MI Bendiljati Wetan. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter Pada mata pelajaran IPS MIN Pandansari dan MI Bendiljati Wetan. (3) Mendeskripsikan Hasil pendidikan karakter Pada mata pelajaran IPS MIN Pandansari dan MI Bendiljati Wetan. Peneliti mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis multisitus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan kredibilitas data yang meliputi perpanjangan pengamatan, triangulasi, pembahasan teman sejawat. Setelah data terkumpul dilakukan analisis situs tunggal kemudian dilanjutkan dengan analisis lintassitus. Hasil penelitian Tesis ini adalah: (1). Dalam konsep pendidikan karakter pada bahwa pendidikan karakter dapat dikembangkan dengan beberapa cara yaitu dengan pengintegrasian ke dalam mata pelajaran, pembiasaan, pengkondisian, serta pencontohan/teladan sehingga guru harus untuk melaksanakan strategi-strategi tersebut dengan maksimal di sekolah. (2). Pendidikan karakter dilaksanakan melalui mata pelajaran IPS, dalam membentuk karakter peserta didik lebih menekankan aspek afektif dan psikomotorik sehingga proses pembelajaran lebih banyak praktek dari pada materi, selain itu diselipkan ketrampilan-ketrampilan untuk lebih menggali kreatifitas peserta didik dan penonjolan nilai-nilai karakter. (3). Hasil pendidikan karakter peserta didik di MIN ini menggunakan berbagai variasi, mulai dari catatan harian peserta didik sampai buku penghubung antara wali kelas dan wali murid, serta terdapat Kantin kejujuran. Sedangkan di MI Bendiljati Wetan hasil pendidikan karakter pembelajaran dalam membentuk karakter peserta didik madrasah ini setiap guru kelas mempunyai buku konseling yang isinya tentang layanan pribadi, layanan belajar, semua itu dilakukan untuk mengetahui prilaku anak, prilaku terhadap orang sekitar, prilaku dalam belajar dalam hal ini kesulitan anak belajar.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | 1755154030 MUHAMMAD ABDUL JALIL |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 06:56 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 06:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6141 |
Actions (login required)
View Item |