AZ-ZAHRA ELDAUZI, 126209213107 and JANI, 196602101985031001 (2025) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MADRASAH TSANAWIYAH ASY-SYAFIIYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (795kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Problematika Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Tsanawiyah Asy-Syafiiyah Gondang Tulungagung: disusun oleh Az-Zahra Eldauzi, NIM 126209213107, Pembimbing Drs. H. Jani M.M., M.Pd Kata Kunci : Problematika, Pembelajaran, IPS Skripsi ini dilatarbelakangi dengan ditemukan beberapa problematika pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Asy-Syafiiyah Gondang Tulungagung. Hal ini sangat berpengaruh dalam proses kegiatan pembelajaran baik bagi guru maupun siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Untuk memahami masalah pendidikan IPS seseorang hendaknya memiliki pemahaman yang baik mengenai disiplin ilmu-ilmu sosial yang meliputi struktur, ide, fundamental, metode yang digunakan dan konsep-konsep setiap disiplin ilmu, selain pemahamannya mengenai prinsip-prinsip kependidikan dan psikologis serta permasalahan sosial. Adapun fokus penelitian dari penelitian ini yaitu (1) apa saja permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran IPS di MTs Asy-Syafiiyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2024/2025? (2) Bagaimana upaya mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran IPS di MTs Asy-Syafiiyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2024/2025? Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran IPS di MTs Asy-Syafiiyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2024/2025. (2) Untuk mengetahui upaya mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran IPS di MTs Asy-Syafiiyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan serta dokumentasi sebagai bentuk pengumpulan data, sumber data dalam penelitian ini meliputi, 1) Person yaitu a. Kepala Sekolah, b. Guru IPS, c. Siswa, 2) Tempat yaitu, di MTs Asy-Syafiiyah Gondang Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan peneliti meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data berupa perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan ketekunan penelitian. Hasil Penelitian yang dilakukan di MTs Asy-Syafiiyah Gondang sebagai berikut (1) Permasalahan ya ng dihadapi dalam proses pembelajaran IPS diantaranya adalah metode pembelajaran yang kurang menarik dan interaktif, kurangnya motivasi belajar dari siswa, kurangnya pelatihan atau workshop bagi para guru, keterbatasan fasilitas pendukung dalam proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran yang kurang optimal. (2) Upaya dalam mengatasi permasalahan pembelajaran IPS di MTs Asy-Syafiiyah Gondang Tulungagung yaitu dengan meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa dengan melakukan pengembangan metode pembelajaran yang lebih menarik dan inovatif, dilakukannya pengembangan profesionalisme guru, serta usaha dalam pengadaan dan pemeliharaan sarana pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209213107 AZ-ZAHRA ELDAUZI |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 03:02 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 03:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61518 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |