BELLA APRILLIA, 126201213239 and IMAM JUNARIS, 196902052003121005 (2025) UPAYA GURU AQIDAH AHLAK DALAM MEMBENTUK SIKAP TAWADHU PESERTA DIDIK DI MTs DARUSSALAM ARIYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (808kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (410kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Upaya guru aqidah akhlak dalam Membentuk Sikap tawadhu Peserta didik di Mts Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Bella Aprillia , NIM: 126201213239. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tabiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung .yang dibimbing oleh : Dr.Imam Junaris, S. Ag,M.H.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sebuah permasalahan dari topik penelitian dalam pembentukan sikap tawadhu peserta didik yang Seiring dengan perkembangan zaman yang sangat pesat tidak hanya menimbulkan dampak positif saja dalam ranah kehidupan, namun juga di ikuti oleh dampak negative dalam berbagai bentuk terutama terkait sikap tawadhu yang semakin terasa akhir-akhir ini Berbagai perilaku siswa yang melanggar berbagai norma tersebut semakin memprihatinkan . bagaimana upaya untuk membentengi generasi muda agar tidak terjerumus dalam kemerosotan akhlak akibat dari perkembangan zaman. dengan adanya permasalahan tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang “upaya guru aqidah ahlak dalam membentuk sikap tawadhu peserta didik di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung” Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1).Bagaimana upaya guru aqidah ahlak dalam membentuk sikap tawadhu’ peserta didik melalui keteladanaan di MTs Darussalam Tulungagung? (2).Bagaimana upaya guru aqidah ahlak dalam membentuk sikap tawadhu peserta didik melalui pembiasaaan di MTs Darussalam Tulungagung? (3). Bagaimana upaya guru aqidah akhlak dalam membentuk sikap tawadhu’ peserta didik melalui nasehat di MTs Darussalam Tulungagung ? Tujuan penelitian ini adalah ( 1 ). Untuk mendiskripsikan upaya guru aqidah ahlak dalam membentuk sikap tawadhu’ peserta didik melalui keteladanaan di MTs Darussalam Tulungagung? (2). Untuk mendiskripsikan upaya guru aqidah ahlak dalam membentuk sikap tawadhu’ peserta didik melalui pembiasaaan di MTs Darussalam Tulungagung? (3).Untuk mendiskripsikan upaya guru aqidah ahlak dalam membentuk sikap tawadhu’ peserta didik melalui nasehat di MTs Darussalam Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitan deskripstif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi atau pegamatan, wawancara atau intervieu dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan pengamatan keikut sertaan ketekunan atau keajekan pengamat, triangulasi ( triangulasi sumber, waktu dan Teknik ) dan diskusi sejawat . Hasil penelitian menunjukkan bahwa membentuk sikap tawadhu peserta didik melalui Keteladanaan, pembiasaan, dan nasehat dapat dilakukan guru Sebagai teladan yang utama dengan memberikan contoh yang baik melalui keteladanan jujur, disiplin, ahlak mulai dan menunjukan kecerdasan dan sikap mandiri dan bekerja keras baik disegala ativitas. kemudian Sebagai pembimbing dalam membentuk sikap tawadhu melalui pembiasaan seperti, pembiasaan rutin, spontan, teladan dan terprogram dapat dilakukan oleh pendidik terlebih dahulu dikarenakan guru Sebagai teladan yang utama dalam memberikan contoh secara perlahan dan cukup membutuhkan waktu yang lama dan kemudian diikuti oleh peserta didik dan terkait nasehat Sebagai pembimbing dalam membentuk sikap tawadhu melalui nasehat yang berkaitan dengan pemberian nasehat yang baik pada peserta didik diantaranya nasehat kisah, nasehat bimbingan ,nasehat pengjaran, dan nasehat kabar gembira dan peringatan, yang dimna nasehat ini tidak dapat langsung menyentuh hati atau langsung diterapkan oleh peserta didik tetap harus dengan perlahan, dengan adanya tiga metode diatas ( keteladanaan, pembiasaan dan nasehat) sangat membantu pendidik dalam membentuk sikap tawadhu peserta didik yang utamanya membangun hubungan positif dengan guru, menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif, pembelelajaran yang efektif, selain itu pembentukan sikap tawadhu ini membangun karakter yang lebih baik dan menjadi banteng dari pengaruh negatif, Dengan demikian, pembentukan sikap tawadhu pada peserta didik merupakan investasi yang sangat berharga bagi guru. Sikap tawadhu tidak hanya bermanfaat bagi perkembangan karakter peserta didik, tetapi juga dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif dan efektif bagi guru dan peserta didik secara keseluruh.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201213239 BELLA APRILLIA |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 04:08 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 04:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61534 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |