FATIM MATUS ZAHRO, 126201213292 and SYAMSUN NI'AM, 197302142000031001 (2025) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 1 REJOTANGAN. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di SMAN 1 Rejotangan” ini ditulis oleh Fatim Matus Zahro, NIM. 126201213292, dengan pembimbing Prof. Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag Kata Kunci : Upaya, Guru Pendidikan Agama Islam, Meningkatkan, Minat Belajar, Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Peserta didik merasa bosan dan kurang bersemangat dalam belajar Pendidikan Agama Islam. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang penting dalam berupaya meningkatkan minat belajar peserta didik. Maka sangatlah penting bagi guru Pendidikan Agama Islam dalam memberikan dan menemukan upaya yang efektif untuk dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan membahas mengenai upaya Guru Pendidikan Agama Islam mengenai (1) Upaya Guru PAI sebagai edukator/pendidik (2) Upaya Guru PAI sebagai motivator (3) Upaya Guru PAI sebagai fasilitator dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di SMAN 1 Rejotangan. Metode penelitian Kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus instrumental, karena peneliti ingin memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan ilmiah mengenai upaya guru Pedidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di SMAN 1 Rejotangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya Guru Pendidikan Agama Islam sebagai edukator/pendidik dalam meningkatkan minat belajar peserta didik melalui pembelajaran ‘’moving class, shalat dhuha dan shalat jum’at berjamaah. Kemudian upaya Guru PAI sebagai motivator berupa Kegiatan Jum’at Berkah, memotivasi dan menjadi role model bagi peserta didik. Kemudian upaya Guru PAI sebagai fasilitator yaitu dengan memberikaanfasilitas mukena, juz amma, Al-Qur’an, serta adanya QRIS alat pembayaran digital ( yang digunakan untuk berinfaq ), serta disediakan fasilitas meja belajar untuk pembelajaran PAI di masjid.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201213292 FATIM MATUS ZAHRO |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 07:31 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 07:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61557 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |