PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS III SD TAHFIDZ AL-WILDAN MARGOMULYO TRENGGALEK

SITI RIF’IYAH NURHANDINI, 126204203189 and BENI ASYHAR, 198307052023211020 (2025) PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS III SD TAHFIDZ AL-WILDAN MARGOMULYO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (718kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Rif’iyah Nurhandini, 2025, “Pengaruh Metode Jarimatika terhadap Hasil Belajar Siswa dan Keaktifan Belajar Matematika pada Materi Perkalian Siswa Kelas III SD Tahfidz al-Wildan Margomulyo Trenggalek”. Skripsi, Prodi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Pengaruh Metode Jarimatika terhadap Hasil Belajar Siswa dan Keaktifan Belajar Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan hasil belajar siswa dan keaktifan belajar matematika siswa masih kurang serta metode yang digunakan saat pembelajaran kurang bervariasi sehingga menyebabkan siswa menjadi bosan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh metode jarimatika terhadap hasil belajar siswa SD Tahfidz Al-Wildan Margomulyo Trenggalek (2) mengetahui pengaruh metode jarimatika terhadap keaktifan belajar matematika SD Tahfidz Al-Wildan Margomulyo Trenggalek, dan (3) mengetahui pengaruh metode jarimatika terhadap hasil belajar siswa dan keaktifan belajar matematika siswa SD Tahfidz Al-Wildan Margomulyo trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (quasi-experiment) dan menggunakan rancangan posttest-only control group design. Sampel yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Kelas III A dijadikan sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran langsung, sedangkan kelas III B sebagai kelas eksperimen yang menerapkan metode jarimatika. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dan angket keaktifan belajar siswa. Data dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh signifikan dari penerapan metode jarimatika terhadap hasil belajar. Rata-rata nilai post-test siswa pada kelas eksperimen mencapai 88,36 meningkat signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mencapai skor 76,85. Selain itu, hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang berarti bahwa metode pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. (2) Terdapat pengaruh signifikan pada keaktifan belajar siswa. Hasil angket keaktifan belajar menunjukkan peningkatan pada siswa kelas eksperimen dengan rata-rata skor keaktifan sebesar 80,66 sedangkan kelas kontrol hanya mencapai skor 77,26. Selain itu, hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,004 (p < 0,05), yang menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan metode pembelajaran terhadap keaktifan belajar siswa. (3) Terdapat pengaruh signifikan dari penerapan metode jarimatika terhadap hasil belajar dan keaktifan belajar matematika. Penerapan metode pembelajaran secara keseluruhan terbukti sangat sesuai dengan karakteristik pembelajaran ajarimatika dan dapat memiliki pangaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa maupun keaktifan belajar matematika siswa. Hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan metode pembelajaran jarimatika terhadap hasil belajar dan keaktifan belajar matematika siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204203189 SITI RIF'IYAH NURHANDINI
Date Deposited: 02 Sep 2025 04:52
Last Modified: 02 Sep 2025 04:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61604

Actions (login required)

View Item View Item