ILHAM PRASETYO, 126205212188 and DIANA LUTFIANA ULFA, 1755154013 (2025) MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS V MI AL-HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (427kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (451kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (488kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (660kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Model Pembelajaran Active learning Tipe Question Student Have (QSH) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Di Kelas V MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung" ini ditulis oleh Ilham Prasetyo, NIM. 126205212188, Pembimbing Diana Lutfiana Ulfa, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Active Learning, Question Student Have (QSH), Hasil Belajar Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang disebabkan kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari nilai harian siswa yang masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Maka dari itu diperlukan suatu metode yang mendorong siswa berfikir kritis salah satunya yaitu Question Student Have (QSH). Model QSH dipilih sebagai solusi karena mendorong siswa untuk berpikir kritis, mengajukan pertanyaan, dan berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas, sehingga diharapkan mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa secara signifikan. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: (1) Untuk mengimplementasikan model pembelajaran Active learning Tipe Question Student Have (QSH) dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. (2) Untuk mengetahui hubungan Model Pembelajaran Active learning Tipe Question Student Have (QSH) dalam meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila di kelas V MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Eksperimen. Teknik sampling yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik sampling jenuh. Sampel yang dipilih pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 18 yang digunakan sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat, dan uji hipotesis yang digunakan adalah Paired Sample t-Test. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model Pembelajaran Active learning Tipe Question Student Have dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila sangat efektif digunakan karena dapat mendorong siswa untuk aktif bertanya, berdiskusi dan menjawab. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata rata hasil belajar siswa dari 46 pada pretest menjadi 81 pada posttest. (2) Adanya hubungan yang signifikan model pembelajaran Active learning tipe Question Student Have (QSH) dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung, dengan Ha diterima dan Ho ditolak yang diajukan karena nilai signifikansi pada uji Paired Sample t-Test kurang dari 0,05 yakni 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada hubungan yang signifikan Model Pembelajaran Active learning Tipe Question Student Have (QSH) dalam meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila di kelas V MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205212188 ILHAM PRASETYO |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 04:16 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 04:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61789 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |