NUR AFIFAH, 1880508230056 and BINTI NUR ASIYAH, 198008112011012007 and MASHUDI, 196901312001121003 (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN NASABAH, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH MELALUI KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. [ Thesis ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (557kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tesis yang berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Nasabah, dan Religiusitas terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening” yang ditulis oleh Nur Afifah, dengan Pembimbing I Dr. Binti Nur Asiyah, M.Si dan Pembimbing II Dr. H. Mashudi, M.Pd.I. Kata Kunci: Loyalitas Nasabah, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Nasabah, Religiuisitas, dan Kepuasan Nasabah Loyalitas nasabah bank syariah masih menjadi tantangan meskipun jumlah nasabah meningkat. Hal ini dipengaruhi oleh layanan yang kurang optimal, menurunnya kepercayaan, dan kesenjangan nilai religius. Kondisi ini menurunkan kepuasan nasabah. Karena itu, peningkatan layanan, kepercayaan, dan edukasi syariah diperlukan untuk mendorong kepuasan dan loyalitas nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk menguji pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah, pengaruh Kepercayaan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah, pengaruh Religiusitas terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Nasabah dan Religiusitas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah, Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah melalui Kepuasan Nasabah Bank Syariah, Kepercayaan Nasabah berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah melalui Kepuasan Nasabah Bank Syariah, Religiusitas berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah melalui Kepuasan Nasabah Bank Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasinya nasabah bank syariah dengan jumlah nasabah terhitung bulan juli 2024 yaitu 46.966.701. Peneliti menggunakan rumus slovin untuk menentukan jumlah sampel serta teknik pengambilan sampel diambil menggunakan insidental sampling. Sumber data yang di gunakan peneliti ialah data primer yang diperoleh langsung dengan penyebaran kuisioner. Skala pengukurannya menggunakan skala likert serta analisis datanya peneliti menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah, Kepercayaan Nasabah berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah, Religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Nasabah, dan Religiuisitas berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah, Kualitas Pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah melalui Kepuasan Nasabah, Kepercayaan Nasabah berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah melalui Kepuasan Nasabah, Religiuistas berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah melalui Kepuasan Nasabah. Implikasinya menegaskan pentingnya integrasi nilai syariah, pelayanan berkualitas, dan kepercayaan nasabah dalam membangun loyalitas. Loyalitas tidak cukup dibentuk oleh layanan teknis, tetapi juga oleh etika pegawai dan edukasi di tengah rendahnya kesadaran masyarakat. Bank syariah perlu mengembangkan sistem yang responsif terhadap nilai religius dan kebutuhan nasabah secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 1880508230056 NUR AFIFAH |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 02:04 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 02:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61916 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |