PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN KEGIATAN UBUDIYAH DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ANGKY LAILATUL ISLAMI, 126205211012 and MOH. ARIF, 198104212009121003 (2025) PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN KEGIATAN UBUDIYAH DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (617kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (467kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Lampiran Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penanaman Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Kegiatan Ubudiyah di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Angky Lailatul Islami NIM.126205211012, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Moh Arif, M.Pd Kata Kunci: Karakter Religius, Pembiasaan, Kegiatan Ubudiyah. Pembentukan moral dan akhlak di era kemajuan teknologi modern merupakan hal yang sangat penting mengingat kemosrotan akhlak yang sering terjadi di lingkugan pendidikan termasuk siswa sekolah dasar. Oleh karena itu, lembaga pendidikan harus mampu memperkenalkan dan menanamkan karakter religius kepada peserta didik. Suatu hal yang dapat diterapkan dalam menanamkan karakter religius yaitu melalui pembiasaan ubudiyah dilingkungan sekolah. MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung merupakan sebuah lembaga yang membiasakan peserta didiknya untuk melaksanakan pembiasaan ubudiyah dalam membentuk karakter religius. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Mendeskripsikan penanaman karakter religius kedisplinan peserta didik melalui pembiasaan sholat dhuhur berjamaah di MI podorejo Sumbergempol Tulungagung (2) Mendeskripsikan penanaman karakter religius kejujuran peserta didik melalui pembiasaan asmaul husna di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung (3) Mendeskripsikan penanaman karakter religius tanggung jawab peserta didik melalui pembiasaan tahfidz di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, termasuk dalam penelitian kualitatif deskripsif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondendasi, display data (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pemgamatan, ketekunan peneliti dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembiasaan sholat dhuhur berjamaah di MI Podorejo dilakukan secara konsisten setiap hari setelah kegiatan pembelajaran telah selesai dan dilakukan tepat waktu agar peserta didik terlatih untuk disiplin tepat waktu dalam menunaikan ibadah sholat sesuai waktunya (2) Pembiasaan pembacaan asmaul husna dilakukan rutin setiap hari ketika akan memulai pembelajaran yang bertujuan untuk mengajarkan peserta didik memahami makna dari setiap lafadz asmaul husna serta dapat mengamalkannya (3) Pembiasaan tahfidz di MI Podorejo dilakukan secara sistematis dengan menambah jumlah surat yang dihafal secara bertahap akan membentuk kemampuan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembiasaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205211012 ANGKY LAILATUL ISLAMI
Date Deposited: 15 Sep 2025 02:21
Last Modified: 15 Sep 2025 02:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61963

Actions (login required)

View Item View Item