ABIDAH ARDELIA, 126208211001 and ENI SETYOWATI, 197605062006042002 (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA JAWAAHIRUL HIKMAH. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (599kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Biologi Kelas X di SMA Jawaahirul Hikmah” ini ditulis oleh Abidah Ardelia, NIM. 126208211001, pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd.,MM. Kata kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran Biologi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya implementasi Kurikulum Merdeka sebagai langkah strategis dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Kurikulum ini memberikan keleluasaan bagi guru dalam merancang dan menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik serta kondisi sekolah. Namun, pelaksanaannya masih menghadapi berbagai kendala, seperti beban administrasi yang tinggi, keterbatasan sarana prasarana, dan kekurangan pada konten buku ajar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran biologi kelas X di SMA Jawaahirul Hikmah. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran biologi kelas X di SMA Jawaahirul Hikmah. 3) Mendeskripsikan evaluasi kurikulum merdeka pada pembelajaran biologi kelas X di SMA Jawaahirul Hikmah. 4) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran biologi kelas X di SMA Jawaahirul Hikmah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru biologi dan siswa kelas X di SMA Jawaahirul Hikmah Tulungagung. Data yang didapat dianalisis dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran biologi kelas X di SMA Jawaahirul Hikmah telah terlaksana dengan baik. Guru telah menyusun dokumen Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), serta modul ajar yang disesuaikan dengan kondisi sekolah yang tetap mengacu pada Platform Merdeka Mengajar. 2) Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran biologi kelas X di SMA Jawaahirul Hikmah telah cukup baik terlaksana. Guru melakukan tiga tahapan utama, yaitu kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Guru juga menggunakan metode pembelajaran yang variatif seperti tanya jawab, kerja kelompok, presentasi, dan proyek. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan modul ajar, meskipun pada beberapa kesempatan terdapat penyesuaian metode untuk menyesuaikan kondisi kelas. Guru juga mengintegrasikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran, seperti gotong royong, religius, dan berkebhinekaan global. 3) Evaluasi kurikulum merdeka pada pembelajaran biologi kelas X di SMA Jawaahirul Hikmah dilakukan guru melalui asesmen formatif dan sumatif. Guru juga memantau perkembangan siswa selama pembelajaran serta dari hasil tugas atau proyek yang dikerjakan siswa. 4) Faktor pendukung implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Jawaahirul xxv Hikmah antara lain adalah sikap adaptif guru terhadap perubahan kurikulum, penggunaan metode pembelajaran yang variatif menyesuaikan karakter para siswa, serta penerapan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila yang dibiasakan melalui kegiatan sehari-hari di dalam kelas. Serta faktor penghambatnya meliputi beban administrasi guru yang tinggi (CP, TP, ATP, modul ajar, dan diklat), keterbatasan sarana prasarana seperti laboratorium IPA yang dalam proses rehabilitasi juga laboratorium komputer yang penggunaanya terbatas, serta tuntutan sekolah yang membatasi akses gadget.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208211001 ABIDAH ARDELIA |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 02:07 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 02:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62004 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |