PENGEMBANGAN MAJALAH IPS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI INTERAKSI BUDAYA MASA KERAJAAN ISLAM PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

AMELIA MUSTIKA SARI, 126209212101 and DITA HENDRIANI, 197912202014032001 (2025) PENGEMBANGAN MAJALAH IPS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI INTERAKSI BUDAYA MASA KERAJAAN ISLAM PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (574kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (454kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Majalah IPS Sebagai Media Pembelajaran Materi Interaksi Budaya Masa Kerajaan Islam Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Amelia Mustika Sari, NIM. 126209212101 dari Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Dr. Dita Hendriani, M.A., NIP. 197912202014032001. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Majalah IPS, Interaksi Budaya Masa Kerajaan Islam, Hasil Belajar. Media pembelajaran berperan penting dalam menyampaikan informasi kepada siswa melalui perangkat grafis, fotografis, dan elektronik yang menyajikan informasi dalam bentuk visual maupun verbal. Majalah sebagai salah satu media pembelajaran memiliki keunggulan karena tidak hanya memuat teks, tetapi juga dilengkapi elemen visual seperti gambar, ilustrasi, dan desain atraktif yang mampu meningkatkan efektivitas proses belajar. Oleh karena itu peneliti tertarik dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis majalah yang mengombinasikan teks dan visual agar siswa lebih mudah memahami materi secara mendalam. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengembangan Majalah IPS sebagai media pembelajaran materi Interaksi Budaya Masa Kerajaan Islam pada siswa kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung? 2) Bagaimana kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan Majalah IPS sebagai media pembelajaran materi Interaksi Budaya Masa Kerajaan Islam pada siswa kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan media majalah IPS serta untuk mengetahui tingkat kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan Majalah IPS sebagai media setelah diterapkannya pada proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan, yaitu: Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian dilaksanakan di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, angket, serta uji pretest dan posttest. Data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media dinilai oleh ahli materi dan ahli media dengan rata-rata skor masing-masing sebesar 89,91% dan 91,18%, yang dikategorikan sebagai “sangat layak.” Dari aspek kepraktisan, diperoleh skor rata-rata sebesar 94,87% dari guru IPS dan 88,62% dari siswa, keduanya termasuk dalam kategori “sangat praktis.” Sementara itu, dari aspek keefektifan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan dengan rata-rata nilai meningkat dari 64,35 (pretest) menjadi 81,09 (posttest). Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00 (< 0,05), yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan Majalah IPS. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Majalah IPS layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209212101 AMELIA MUSTIKA SARI
Date Deposited: 18 Sep 2025 03:34
Last Modified: 18 Sep 2025 03:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62015

Actions (login required)

View Item View Item