KEPATUHAN NASABAH DALAM PEMBERIAN HADIAH OLEH BANK ALADIN SYARIAH DITINJAU DARI FATWA DSN MUI NO:86/DSN- MUI/XII/2012

AIDIL FIKRI FIRDAUS, 126101213215 and NUR AZIZ MUSLIM, - (2025) KEPATUHAN NASABAH DALAM PEMBERIAN HADIAH OLEH BANK ALADIN SYARIAH DITINJAU DARI FATWA DSN MUI NO:86/DSN- MUI/XII/2012. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (533kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Aidil Fikri Firdaus, 126101213215, Judul skripsi Kepatuhan Nasabah dalam Pemberian Hadiah oleh Bank Aladin Syariah Ditinjau dari Fatwa DSN MUI NO:86/DSNMUI/XII/ Jurusan Syariah, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, 2025. Dosen Pembimbing: Nur Aziz Muslim, M.H.I. Kata Kunci: Hadiah, Bank Syariah, Fatwa Perbankan syariah di Indonesia berkembang pesat didorong kesadaran masyarakat dan teknologi, dengan Bank Aladin Syariah sebagai bank digital syariah pertama yang menawarkan inovasi layanan termasuk program hadiah untuk menarik nasabah. Penelitian ini berfokus pada rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana sistem pemberian hadiah kepada nasabah yang diterapkan Bank Aladin Syariah, dan 2) Apakah sistem pemberian hadiah yang diterapkan oleh Bank Aladin Syariah telah sesuai dengan prinsip-prinsip Fatwa DSN MUI No:86/DSN-MUI/XII/2012. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Data primer dikumpulkan melalui wawancara daring dan tatap muka dengan nasabah, dilengkapi data sekunder dari berbagai sumber. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi nonpartisipatif, dan dokumentasi rekaman wawancara. Analisis data dilakukan secara bertahap, mulai dari pengumpulan, penyajian, hingga penarikan kesimpulan. Keabsahan temuan diuji melalui triangulasi data, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian: 1) Sistem hadiah Bank Aladin Syariah, seperti program Berkah Ala Ramadhan dengan produk "MUDIK LEBARAN," dirancang secara transparan dengan peninjauan sebelum pencairan yang seringkali berlangsung cepat setelah nasabah memenuhi syarat dan ketentuan. 2) Kesesuaian program hadiah "Mudik Lebaran" dengan Fatwa DSN-MUI No: 86/DSN-MUI/XII/2012 terlihat dari mekanisme yang mengikuti prinsip akad ju'alah. Nasabah harus mencapai target tabungan "MUDIK LEBARAN" dan mempertahankan saldo dalam periode tertentu untuk mendapatkan e-voucher Alfamart. Hadiah bersifat kondisional atas pencapaian target, bukan syarat akad pokok tabungan (mudharabah/wadiah). Program ini transparan dalam menyampaikan syarat dan ketentuan, sehingga terhindar dari ketidakjelasan (gharar), spekulasi (maysir), serta unsur riba atau penipuan (tadlis).

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Ekonomi > Nasabah
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101213215 AIDIL FIKRI FIRDAUS
Date Deposited: 15 Sep 2025 04:27
Last Modified: 15 Sep 2025 04:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62016

Actions (login required)

View Item View Item