MUDDANI KASANAH, 126205213228 and SUSANTO, 197308311999031002 (2025) PENGGUNAAN VIDEO EKSPERIMEN SAINS SINGKAT MELALUI SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDI AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (740kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “ Penggunaan Video Eksperimen sains Singkat Melalui Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung” ditulis oleh Muddani Kasanah, NIM. 126205213228. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Susanto, M.Or. Kata Kunci : Video Eksperimen Sains, Smartphone, Motivasi Belajar Pendidikan di era digital menuntut inovasi dalam pembelajaran, termasuk pemanfaatan teknologi seperti video eksperimen sains singkat melalui smartphone. Media video ini dinilai mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar karena sifatnya yang visual, menarik, dan mudah diakses. Namun, pemanfaatannya masih terbatas, terutama di daerah seperti SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Rendahnya motivasi belajar siswa, terutama dalam pembelajaran sains seperti listrik statis, menjadi perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video eksperimen sains singkat melalui smartphone terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDI Al-Hidayah Samit Ngunut Tulungagung pada materi listrik statis. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran sains yang bersifat teoritis dan kurang interaktif. Penggunaan media video berbasis smartphone dianggap mampu menjembatani keterbatasan alat peraga serta menyesuaikan dengan gaya belajar siswa di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah angket motivasi belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, dan uji paired sampel T-test dengan bantuan aplikasi SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini adalah hasil analisis data yang telah peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan video eksperimen sains singkat melalui smartphone berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistik dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan kata lain, media tersebut memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan juga dengan adanya peningkatan skor motivasi belajar setelah diberikan perlakuan, yaitu pembelajaran menggunakan video eksperimen sains. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan video eksperimen sains singkat melalui smartphone terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205213228 MUDDANI KASANAH |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 03:20 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 03:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62092 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |