IMPLEMENTASI PROGRAM QIRO'ATUL KUTUB SEBAGAI MATA PELAJARAN WAJIB DALAM MENINGKATKAN KUALITAS RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTsN 4 NGANJUK

SITI DIYAH NURJANAH, 126201213276 and TIMBUL, 196110101992031002 (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM QIRO'ATUL KUTUB SEBAGAI MATA PELAJARAN WAJIB DALAM MENINGKATKAN KUALITAS RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTsN 4 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (732kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (61kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Implementasi Program Qiro'atul Kutub sebagai Mata Pelajaran Wajib dalam Meningkatkan Kualitas Religius Peserta Didik di MTsN 4 Nganjuk" ini ditulis oleh Siti Diyah Nurjanah, NIM. 126201213276, dengan pembimbing Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata Kunci: Program, Qiro'atul Kutub, Religius. Indonesia saat ini sedang menghadapi kemerosotan nilai religius yang mengkhawatirkan, terutama pada lingkungan sekolah yang terjadi pada peserta didik. Pendidikan religius dapat diterapkan di sekolah sebagai upaya mengatasi kemorosotan nilai religius peserta didik dengan mengagendakan kegiatan keagamaan seperti mengadakan program pembelajaran qiro'atul kutub. Seperti di MTsN 4 Nganjuk dengan mengkaji kitab kuning telah membentuk dan meningkatkan religiusitas peserta didik serta menguatkan agamanya baik dari segi aspek ibadah, aqidah, ihsan, muamalah dan ilmu. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan program qiro'atul kutub dalam meningkatkan kualitas religius peserta didik di MTsN 4 Nganjuk. 2) Bagaimana hambatan hambatan program qiro'atul kutub dalam meningkatkan kualitas religius peserta didik di MTsN 4 Nganjuk. 3) Bagaimana implikasi program qiro'atul kutub dalam meningkatkan kualitas religius peserta didik di MTsN 4 Nganjuk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan, hambatan-hambatan dan implikasi program qiro'atul kutub dalam meningkatkan kualitas religius peserta didik di MTsN 4 Nganjuk. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu kegiatan ilmiah yang dilakukan secara terinci dan mendalam tentang suatu program untuk memperoleh pengetahuan mendalam tentang peristiwa tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan uji credibility, transferability, dependability dan konfirmbility. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa; (1) Penerapan program qiro’atul kutub di MTsN 4 Nganjuk dimulai dengan merencanakan tujuan pembelajaran, kitab dan pengajar, metode pembelajaran, waktu dan evaluasi pembelajaran. (2) Hambatan program qiro'atul kutub di MTsN 4 Nganjuk yaitu adanya beberapa peserta didik yang belum menguasai huruf pegon dan merasa sulit dalam memahami materi dalam kitab kuning, serta waktu pembelajaran yang dirasa kurang efektif dalam pelaksanaannya. (3) Dengan mempelajari lima kitab kuning pada program qiro’atul kutub yaitu; Ngudi Susilo, Risalatul Mahid, Taisirul Kholaq, Adabul Ta’lim Muta’alim dan Mabadi’ Fiqh, sejauh ini telah membawa perubahan dan peningkatan pada peserta didik terutama pada kualitas religiusnya dalam dimensi aqidah, ibadah, muamalah, ihsan dan pengetahuan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201213276 SITI DIYAH NURJANAH
Date Deposited: 19 Sep 2025 02:06
Last Modified: 19 Sep 2025 02:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62208

Actions (login required)

View Item View Item