NUZULA WASIMA KHURRIYATI, 126210212066 and LILIS ANIFAH ZULFA, 198512292023212040 (2025) ANALISIS WACANA MULTIMODAL IKLAN BEAR BRAND SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS IKLAN DI SMPN 1 SRENGAT. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (501kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (368kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (940kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Wacana Multimodal Iklan Bear Brand sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Iklan di SMPN 1 Srengat” ini ditulis oleh Nuzula Wasima Khurriyati, dengan NIM 126210212066 dengan pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci: multimodal, teks iklan, alternatif bahan ajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya daya tarik bahan ajar teks iklan yang hanya mengandalkan aspek visual dan verbal, sehingga kurang memfasilitasi keterlibatan aktif peserta didik. Kondisi ini menuntut pengembangan bahan ajar yang lebih interaktif dan multimodal guna meningkatkan pemahaman serta minat belajar siswa. Kondisi ini menunjukkan perlunya bahan ajar yang lebih menarik, kontekstual, dan komprehensif. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangsih keilmuan tentang (1) Wacana multimodal dalam iklan Bear Brand Edisi Ramadan 2024 dan (2) pemanfaatan iklan Bear Brand sebagai alternatif pembelajaran teks iklan. Metode deskriptif kulitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan analisis konten teks. Data utama berupa video iklan Bear Brand edisi Ramadan 2024 berdurasi 1 menit 30 detik yang diunggah melalui kanal YouTube resmi Nestle Indonesia. Analisis difokuskan pada lima elemen multimodal, yaitu unsur linguistik, visual, audio, gestural, dan spatial. Berdasarkan teori metafungsi Halliday dan kerangka multimodal dari Anstey dan Bull. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur linguistik terdiri atas 9 klausa ideasional (5 klausa proses mental, 3 klausa proses material, dan 1 klausa proses eksistensial), 9 klausa interpersonal (6 deklaratif dan 3 interogatif), serta 9 klausa tekstual. Unsur visual menampilkan dominasi warna putih memberi kesan putih dan memprentasikan produk Bear Brand. Unsur audio mencakup musik latar lembut dan narasi bersuara ramah dengan tempo lambat. Unsur gestural ditunjukkan melalui 6 ekspresi mimik dan 4 interaksi tubuh yang menggambarkan empati dan kedekatan antar tokoh. Unsur spatial tampak dalam 3 penataan ruang yang merepresentasikan suasana rumah sakit. Selain itu, iklan ini menyampaikan pesan edukatif mengenai ketulusan seorang anak dalam menghormati dan merawat ibunya. Perpaduan unsur-unsur tersebut menjadikan iklan ini relevan sebagai alternatif bahan ajar yang dapat membantu siswa memahami pesan iklan secara multimodal dan kontekstual.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210212066 NUZULA WASIMA KHURRIYATI |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 04:15 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 04:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62246 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |