HESTI INDRIANI, 126205212165 and ROHMAH IVANTRI, 2845134040 (2025) REOG KENDANG DALAM PERSPEKTIF KECERDASAN SPASIAL DAN KARAKTER CINTA BUDAYA DI SDN 3 BATANGSAREN. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (806kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Reog Kendang dalam Perspektif Kecerdasan Spasial dan Karakter Cinta Budaya di SDN 3 Batangsaren” ditulis oleh Hesti Indriani, NIM 126205212165, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen pembimbing: Romhmah Ivantri, M.Pd.I. Kata Kunci: Reog Kendang, Kecerdasan Spasial, Karakter Cinta Budaya Penelitian ini dilatar belakangi akan pentingnya kesadaran anak - anak zaman sekarang untuk melestarikan budaya, di mana budaya daerah saat ini sering terpinggirkan oleh budaya asing. Sudah seharusnya anak - anak zaman sekarang turut aktif dalam melestarikan dan menghargai warisan nenek moyang mengingat pentingnya dalam pembentukan karakter cinta budaya dan pengembangan kognitif. Dari kegiatan Ekstrakurikuler Reog Kendang diharapkan agar siswa tidak hanya dapat melestarikan budaya daerah akan tetapi juga dapat mengembangkan kecerdasan spasial dalam kegiatan sehari - hari. Dalam hal ini, peneliti tertarik mengkaji di SDN 3 Batangsaren karena peneliti menemukan sekolah tersebut berada di kawasan daerah yang kental akan Seni Reog Kendang yang sangat didukung oleh berbagai pihak sehingga dapat dijadikan identitas budaya daerah yang memberikan kesan unik. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan Ekstrakurikuler Reog Kendang di SDN 3 Batangsaren, (2) Untuk mendeskripsikan Ekstrakurikuler Reog Kendang dalam Perspektif kecerdasan spasial siswa di SDN 3 Batangsaren, (3) Untuk mendeskripsikan Ekstrakurikuler Reog Kendang dalam Perspektif karakter cinta budaya siswa di SDN 3 Batangsaren. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Ekstrakurikuler Reog Kendang di SDN 3 Batangsaren, (2) Reog Kendang dalam Perspektif kecerdasan spasial siswa di SDN 3 Batangsaren, (3) Reog Kendang dalam Perspektif karakter cinta budaya siswa di SDN 3 Batangsaren.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Prestasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205212165 HESTI INDRIANI |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 06:17 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 06:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62286 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |