PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR SISWA DI SMP MAARIF NU GARUM BLITAR

ROCHIM PRAMUSINTO, 17201153007 (2019) PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR SISWA DI SMP MAARIF NU GARUM BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (508kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)

Abstract

Skripsi dengan judul Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Belajar Siswa di SMP Maarif NU Garum Blitar ini ditulis oleh Rochim Pramusinto, NIM. 17201153007, Pembimbing. Dr.Muhammad Zaini, M.A Kata kunci : Metode Mind Mapping, Kualitas Belajar Siswa, Semangat belajar siswa Hari ini dunia pendidikan mengalami kesenjangan mengenai produk pendidikan itu sendiri. Sekolah saat ini dianggap hanya mempelajari agama dan kurang efektif dalam menentukan masa depan mutu pendidikan. Sebuah Inovasi Sekolah Menengah Pertamas sangat relevan didirikan untuk meningkatkan daya saing lulusan pendidikan melalui peningkatan kualitas belajar, ketekunan siswa dalam belajar, dan metode pembelajatran bagi siswa. Berkaitan dengan ini perlu adanya suatu pembahasan tentang inovasi sistem pendidikan madrasah untuk meningkatkan sumber daya manusia, agar madrasah tidak lagi dipandang hanya sebagai sekolah agama yang sudah tidak relevan lagi dengan kondisi abad ini. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pelaksanaan metode mind mapping dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Maarif NU Garum Blitar?; (2) Bagaimana hambatan pelaksanaan metode mind mapping dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Maarif NU Garum Blitar?; (3) Bagaimana dampak pelaksanaan metode mind mapping dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Maarif NU Garum Blitar?. Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan metode mind mapping dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Maarif NU Garum Blitar; (2) Untuk mendeskripsikan hambatan pelaksanaan metode mind mapping dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Maarif NU Garum Blitar; (3) Untuk mendeskripsikan dampak pelaksanaan metode mind mapping dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Maarif NU Garum Blitar. Rancangan penelitiaan ini adalah Bagaimana dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di selenggarakan menggunakan Konsep Peta Pikiran siswa dalam mengetahui dan memahami setiap materi dalam pembelajarannya menggunakan Metode Mind Mapping yang dimana siswa secara berkelompok dapat lebih memahami setiap materi dengan gagasan saling tukar menukar fikiran sebagai upaya peningkatan kualitas belajar siswa pada kurikulum 2013 yang saat ini sedang diberlakukan disetiap Instansi Pendidikan di Indonesia, sehingga kedepannya siswa tidak kebingungan dalam melaksanakan pembelajaran dan Guru lebih dipermudah melalui penerapan metode ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskripsi studi kasus. Sumber data Kepala Madrasah, Guru, siswa, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi penelitian, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan kredibilitas (pemeriksaan teman sejawat, perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Fokus penelitian dalam penelitian ini membahas tentang konsep pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan Metode Mind Mapping, yang dimana berdampak dalam peningkatan kualitas belajar siswa di SMP Maarif NU Garum Blitar, dan Bagi peneliti lebih pemfokusan kepada Analisa Tindakan kelas Yang dilakukan Guru didalam Kelas. Metode dalam penelitian ini meneliti secara mendalam tentang Penerapan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran PAI sebagai Upaya peningkatan Kualitas Belajara para Siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif karena penulis mencoba melihat, mengamati, dan menelaah Penerapan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran PAI sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Penggunaan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran PAI sangat membantu Guru dalam melaksanakan Pembelajarannya, dan mengajarkan siswa bagaimana cara memahami dan mengetahui segala materi dalam pembelajaran PAI dengan lebih mudah sehingga kegemarannya dalam pembelajaran PAI lebih meningkat

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153007 ROCHIM PRAMUSINTO
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:17
Last Modified: 23 Sep 2025 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62335

Actions (login required)

View Item View Item