ROISATUN NURHIMA, 126205211061 and MUHAMMAD AFTHON ULIN NUHA, 199304262020121009 (2025) PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRODAT PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V DI SDI AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (915kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (562kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (725kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (393kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (939kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (424kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul " Pengaruh Metode Jigsaw Terhadap Peningkatan Penguasaan Mufrodat Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas V di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung " ini ditulis oleh Roisatun Nurhima, NIM. 126205211061, dengan pembimbing Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha, M.Pd. Kata kunci: Metode Jigsaw, Penguasaan Mufrodat Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab yang mengakibatkan siswa kurang menguasai materi atau mufrodat bahasa Arab. Hal ini juga disebabkan oleh pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang tepat. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat akan membuat siswa lebih aktif dan semangat dalam belajar, sehingga siswa lebih mudah dalam memahami dan menguasai mufrodat bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan penerapan metode jigsaw pada mata pelajaran bahasa Arab kelas V di SDI Al-hidayah Samir Ngunut Tulungagung. (2) Menganalisis pengaruh metode jigsaw pada mata pelajaran bahasa Arab terhadap peningkatan penguasaan mufrodat peserta didik kelas V di SDI Al-hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis quasi eksperimen atau eksperimen semu. Data dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi. Test dilakukan dua kali yaitu diberikan sebelum perlakuan atau pretest dan diberikan setelah perlakuan atau posttest, baik di kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Analisis hipotesis menggunakan uji independent sample t test atau biasa disebut uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode jigsaw pada mata pelajaran bahasa Arab kelas 5 dapat meningkatkan penguasaan mufrodat peserta didik yang dibuktikan dengan hasil uji independent sample t test sebesar 0,040 yang berarti nilai sig 0,040 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode jigsaw untuk meningkatkan penguasaan mufrodat peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab kelas V di SDI Al-hidayah Samir Ngunut Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205211061 ROISATUN NURHIMA |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 05:22 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 05:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62380 |
Available Versions of this Item
-
PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRODAT PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V DI SDI AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. (deposited UNSPECIFIED)
- PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRODAT PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V DI SDI AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. (deposited 26 Sep 2025 05:22) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |