IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA NEGERI 2 TRENGGALEK

KHOFIFAH BASTIATUL ANNISA, 126201213248 and SYAMSUN NI'AM, 197302142000031001 (2025) IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA NEGERI 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (333kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Media Audio Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Negeri 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Khofifah Bastiatul Annisa NIM. 126201213248, dengan pembimbing Prof. Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi Media, Audio Visual, Pembelajaran PAI, Pemahaman Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena perkembangan teknologi yang pesat serta rendahnya pemahaman siswa terhadap mata pelajaran pendidikan agama islam yang pengajarannya masih menggunakan metode pembelajaran yang monoton dan kurang menarik seperti ceramah. Oleh karena itu salah satu usaha yang dilakukan SMA Negeri 2 Trenggalek yaitu dengan mengimplementasikan media audio visual dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan dukungan dari pihak sekolah yang menyediakan fasilitas-fasilitas yang memadai. Fokus penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana implementasi media audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Trenggalek dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran tersebut?,(2) Bagaimana faktor pendukung media audio visual dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Trenggalek?,(3) Bagaimana faktor penghambat media audio visual dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek?. Tujuan dari penelitian ini meliputi: (1) Mendeskripsikan implementasi media audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pemahaman siswa di SMAN 2 Trenggalek. (2) Mengidentifikasi faktor pendukung media audio visual dalam meningkatkan pemahaman siswa di SMAN 2 Trenggalek pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. (3) Mengidentifikasi faktor penghambat media audio visual dalam meningkatkan pemahaman siswa di SMAN 2 Trenggalek pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripstif yang artinya menjelaskan, menggambarkan dan memaparkan persoalan-persoalan dan peristiwa yang terjadi.. Penelitian ini menggunakan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi teknik). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Implementasi media audio visual diterapkan melalui beberapa tahapan yaitu, perencanaan, praktek/pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam implementasinya media audio visual menjadikan pembelajaran lebih menarik, interaktif, kontekstual, dan empiris, selain itu media audio visual dapat meningkatkan motivasi, partisipasi, konsentrasi, dan hasil belajar siswa. (2) Faktor pendukung media audio visual dalam meningkatkan pemahaman siswa meliputi ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai. Dukungan dari guru PAI. Serta minat dan motivasi siswa yang tinggi terhadap media audio visual. (3) Faktor penghambat media audio visual dalam meningkatkan pemahaman siswa meliputi gangguan teknis, kurangnya minat beberapa siswa terhadap Media Audio visual, kurangnya dukungan dari beberapa orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201213248 KHOFIFAH BASTIATUL ANNISA
Date Deposited: 26 Sep 2025 03:51
Last Modified: 26 Sep 2025 03:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62463

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item