SAFIRA AULIA RAHMAN, 126201213274 and AGUS ZAENUL FITRI, 198108012009121004 (2025) IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUIK KARAKTER RELIGIOUS PESERTA DIDIK DI SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER .pdf Download (804kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
![]() |
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Safira Aulia Rahman, 126201213274, Implementasi kegiatan keagamaan dalam membentuik karakter religious peserta didik di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung, Pendidikan agama islam (PAI), fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Prof. Dr. H. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Kegiatan Keagamaan, Karakter Religius, Peserta Didik Krisis moral yang tengah melanda pelajar Indonesia menjadi tantangan besar dalam dunia pendidikan modern. Gejala degradasi moral, seperti kenakalan remaja, tawuran, penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, hingga perilaku menyimpang lainnya merupakan bukti nyata bahwa pembentukan karakter peserta didik belum optimal. Dalam hal ini, nilai-nilai keagamaan berperan penting sebagai fondasi dalam membentuk kepribadian yang berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung. Secara khusus, penelitian ini menelaah proses perencanaan kegiatan keagamaan, pelaksanaannya dalam kehidupan sekolah sehari-hari, serta mekanisme evaluasi yang dilakukan untuk menilai efektivitas program tersebut. Penelitian ini juga bertujuan mengidentifikasi nilai-nilai karakter religius yang terbentuk melalui kegiatan keagamaan serta peran pihak sekolah dan orang tua dalam mendukung pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif untuk mengamati langsung aktivitas keagamaan, wawancara mendalam dengan guru, waka kurikulum, dan peserta didik untuk memperoleh data yang komprehensif, serta dokumentasi berupa catatan kegiatan dan arsip sekolah yang relevan. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kegiatan keagamaan dilakukan secara sistematis dan terstruktur, dengan tujuan utama menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual siswa, serta mendukung pembentukan kedisiplinan, tanggung jawab, dan ketakwaan. Penerapan kegiatan keagamaan di sekolah dilakukan dengan pengarahan yang jelas, koordinasi yang solid antara pihak terkait, dan pengawasan yang ketat, sehingga kegiatan seperti sholat berjamaah dan TBTQ dapat terlaksana dengan baik. Evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan berjalan sesuai rencana dan memberikan dampak positif terhadap karakter religius siswa, meskipun terdapat beberapa kendala terkait ketidakhadiran siswa dan partisipasi yang kurang konsisten. Diperlukan peningkatan dalam pengawasan dan dukungan orang tua untuk memaksimalkan hasil kegiatan keagamaan ini
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Peradilan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201213274 SAFIRA AULIA RAHMAN |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 08:32 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 08:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62491 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |