STRATEGI DAKWAH DIGITAL PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI-IEN ERA SOCIETY 5.0: STUDI KASUS CHANNEL YOUTUBE @PONDOK NGUNUT

FITRIA RAHMADANIA, 126311211010 and AHMAD YUZKI FARIDIAN NAWAFI, 199009072023211021 (2025) STRATEGI DAKWAH DIGITAL PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI-IEN ERA SOCIETY 5.0: STUDI KASUS CHANNEL YOUTUBE @PONDOK NGUNUT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (495kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (271kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Dakwah Digital Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien Era Socienty 5.0: Studi Kasus Channel Youtube @Pondok Ngunut” ini ditulis oleh Fitria Rahmadania, NIM. 126311211010, dengan pembimbing Dr. Ahmad Yuzki Faridian Nawafi’ S.Hum, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Dakwah Digital, Pondok Pesantren, Era Society 5.0, Media Youtube Perkembangan teknologi di era globalisasi dan society 5.0 telah mendorong transformasi metode dakwah ke arah digital yang lebih efektif dan luas jangkauannya. Pondok pesantren sebagai lembaga dakwah dituntut untuk beradaptasi dengan media digital agar pesan keislaman tetap relevan dan mudah diterima oleh masyarakat modern. Dalam konteks ini, strategi dakwah menjadi penting untuk memastikan pesan yang disampaikan tetap relevan, tepat sasaran, dan tidak menyimpang dari nilai-nilai Islam. Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien merupakan salah satu pondok yang memanfaatkan Youtube sebagai media dakwahnya. Channel Youtube pondok tersebut bernama Pondok Ngunut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dakwah digital yang diterapkan oleh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien melalui channel Youtube @Pondok Ngunut serta memaparkan yang menjadi faktor pendukung dan penghambat selama proses dakwah digital pada channel Youtube @Pondok Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap dua narasumber inti yaitu ketua koordinator tim media dan wakil ketua koordinator tim media serta menjadi pengelola channel Youtube @Pondok Ngunut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dakwah digital Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut melalui channel YouTube @Pondok Ngunut merupakan bentuk transformasi dakwah di era Society 5.0. Dakwah dilakukan secara terstruktur dan adaptif, dengan memanfaatkan media digital untuk menyampaikan nilai-nilai Islam yang moderat dan edukatif. Strategi ini didukung oleh tim media yang profesional, konten yang relevan, serta dukungan penuh dari lembaga. Adapun kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya manusia, peran ganda anggota tim, serta kurangnya regenerasi. Temuan ini menegaskan bahwa dakwah digital di pesantren bukan sekadar adaptasi teknologi, tetapi juga inovasi strategis untuk menjaga keberlanjutan dakwah yang kontekstual tanpa meninggalkan nilai-nilai tradisional

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen Dakwah
Penyiaran Islam
Sosiologi Agama
Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: 126311211010 FITRIA RAHMADANIA
Date Deposited: 29 Sep 2025 03:21
Last Modified: 29 Sep 2025 03:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62498

Actions (login required)

View Item View Item