MOCHAMAD RIJAL JAMILUDDIN, 126201211088 and MOH. ALI ABDUL SHOMAD VERY EKO ATMOJO, 197301112007101001 (2025) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTsN 10 BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (759kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (858kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (564kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (905kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (434kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Untuk Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Di MTsN 10 Blitar” ini ditulis oleh Moch. Rijal Jamiluddin, NIM. 126201211088, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Moh. Ali Abdul Shomad Very Eko Atmojo, M.Pd.I. Kata Kunci: internalisasi, shalat dhuha, pembentukan karakter religius Pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter dan kepribadian peserta didik melalui penanaman nilai-nilai, termasuk nilai religius. Salah satu bentuk implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam di lingkungan sekolah adalah melalui metode pembiasaan ibadah, seperti shalat dhuha. Shalat dhuha tidak hanya sebagai bentuk ibadah, tetapi juga sarana pendidikan karakter seperti disiplin, tanggung jawab, dan ketekunan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui embiasaan shalat dhuha untuk membentuk karakter Religius Preserta didik di MTsN 10 Blitar. Secara khusus, penelitian ini difokuskan untuk: (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan agama Islam yang diinternalisasikan melalui pembiasaan shalat dhuha untuk membentuk karakter religius peserta didik di MTsN 10 Blitar; (2) mengidentifikasi proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui metode pembiasaan shalat dhuha untuk membentuk karakter religius peserta didik di MTsN 10 Blitar; (3) menganalisis implikasi internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius melalui pembiasaan shalat dhuha peserta didik di MTsN 10 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamat dan tringgulasi (tringgulasi sumber, dan tringgulasi teknik). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui pembiasaan shalat dhuha di MTsN 10 Blitar berjalan secara sistematis dan berkesinambungan. Nilai-nilai pendidikan agama Islam yang diinternalisasikan meliputi nilai aqidah, ibadah, dan akhlak mulia, yang tercermin dalam perilaku religius peserta didik, seperti kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran, dan sikap saling menghargai. Proses internalisasi nilai berlangsung melalui tiga tahap, yaitu transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai. Internalisasi nilai ini didukung oleh faktor-faktor seperti tersedianya fasilitas ibadah yang memadai, komitmen guru, lingkungan sekolah yang religius, serta peraturan yang mendukung kegiatan pembiasaan shalat dhuha. Sementara itu, hambatan yang ditemui meliputi kurangnya kesadaran sebagian peserta didik dan pengaruh lingkungan luar sekolah. Implikasi dari internalisasi nilai ini adalah terbentuknya karakter religius peserta didik yang tercermin dalam perilaku seharihari baik di sekolah maupun di luar sekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201211088 MOCH RIJAL JAMILUDDIN |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 03:55 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 03:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62557 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |