SAFNA KHILYATUS SOIMAH, 126201212130 and MUKHAMAD SUKUR, 2001058304 (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP BUSTANU USYAQIL QUR’AN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (814kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
![]() |
Text
BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul, “ Implementasi Program Tahfidz Al Qur’an Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Bustanu Usyaqil Qur’an Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Safna Khilyatus Soimah, NIM 126201212130 Jurusan Pendidikan Agama Islam, Pembimbing : Dr. Mukhamad Sukur, S.H.I M.Pd.I. Kata Kunci : Tahfidz Al Qur’an, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter dan spiritual melalui pembiasaan membaca serta menghafal Al-Qur’an sebagai upaya integratif dalam menunjang keberhasilan belajar siswa secara menyeluruh, tidak hanya dalam aspek akademik, tetapi juga dalam pembentukan akhlak dan kedisiplinan. Program Tahfidz Al-Qur'an menjadi salah satu kegiatan unggulan sekolah yang tidak hanya bertujuan mencetak generasi penghafal AlQur'an, tetapi juga membentuk pola pikir, kebiasaan belajar, serta meningkatkan semangat dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Tahap Program Tahfidz Al Qur’an dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Bustanu Usyaqil Qur’an Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana Realisasi Program Tahfidz Al Qur’an dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Bustanu Usyaqil Qur’an Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana Hasil Program Tahfidz Al Qur’an dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Bustanu Usyaqil Qur’an Ngunut Tulungagung?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru PAI, pembina Tahfidz, serta siswa yang mengikuti program Tahfidz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Tahfidz Al-Qur’an di SMP Bustanu Usyaqil Qur’an dilaksanakan secara rutin setiap hari dengan menggunakan metode tasmi’, takrir, dan murojaah. Strategi ini terbukti efektif dalam menumbuhkan kedisiplinan dan tanggung jawab siswa dalam menghafal serta memahami kandungan Al-Qur'an. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan,dan Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tahap program tahfidz al Qur’an dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Bustanu Usyaqil Qur’an Ngunut Tulungagung siswa awal mulanya yaitu sekitar lingkungan yang ada di sekolah tersebut berdiri adanya sekolah yang berbasis program tahfidz al Qur’an dan dari pihak pengasuh pondok ingin juga mendirikan sekolah yang ada program tahfidz al Qur’an, akhirnya tercetusnya sekolah berbasis program tahfidz al Qur’an. (2) Realisasi program tahfidz al Qur’an dalam meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Bustanu Usyaqil Qur’an Ngunut Tulungagung menggunakan metode tasmi’, murojaah, dan takrir secara rutin setiap hari sebelum jam pelajaran dimulai. Kegiatan ini tidak hanya membentuk kedisiplinan dan tanggung jawab siswa, tetapi juga meningkatkan daya ingat dan motivasi belajar mereka, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. (3) Hasil Program tahfidz al Qur’an dalam meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Bustanu Usyaqil Qur’an Ngunut Tulungagung setiap pergantian semester mengadakan ujian tasmi’ dengan menyetorkan semua hafalan nya kepada penguji guru tahfidz al Qur’an, Adapun siswa yang belum bisa mencapai target setiap semester maka akan dilakukan ujian ulang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212130 SAFNA KHILYATUS SOIMAH |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 04:07 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 04:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62620 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |