SILVI ARMADHITA, 126405211015 and LATIVA HARTININGTYAS, 199110062019032016 (2025) PENGARUH FOMO E-WOM DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MARKET PLACE SHOPEE PADA MAHASISWA FEBI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (451kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh FOMO E-WOM dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian melalui Market Place Shopee pada Mahasiswa FEBI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung” ini ditulis oleh Silvi Armadhita, NIM 126405211015, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Ramatullah Tulungagung, dengan dosen Pembimbing Ibu Lativa Hartiningtyas M.Pd. Kata Kunci: FoMO, e-WOM, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian, Shopee Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan digital yang telah mendorong perubahan perilaku konsumen, dalam melakukan pembelian secara online. Faktor FoMO (Fear of Missing Out), e-WOM (electronic-Word of Mouth), dan Gaya Hidup dalam mempengaruhi keputusan pembelian, ke tiga faktor tersebut memiliki peran yang penting khususnya pada mahasiswa dalam mengambil keputusan pembelian pada market place Shopee. Ketiga faktor tersebut saling berkaitan dalam menciptakan dorongan emosional, penyebaran informasi dan penyesuaian gaya hidup, sehingga menjadi dasar untuk meneliti pengaruhnya terhadap perilaku pembelian mahasiswa FEBI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menguji pengaruh FoMO, e-WOM dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian melalui Market Place Shopee, (2) menguji pengaruh FoMO terhadap Keputusan Pembelian melalui Market Place Shopee, (3) menguji Pengaruh e-WOM terhadap Keputusan Pembelian melalui Market Place Shopee, (4) menguji pengaruh Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian melalui Market Place Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan probability sampling dengan metode proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel 92 responden yaitu mahasiswa FEBI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan 2021. Metode analisis data berupa Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) secara simultan variabel FoMO, eWOM dan Gaya Hidup berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian melalui market place Shopee, (2) FoMO tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian melalui market place Shopee, (3) e-EWOM berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian melalui market place Shopee, (4) Gaya Hidup berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian melalui market place Shopee
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Gaya Hidup Ekonomi > Jual Beli Media Sosial |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 126405211015 SILVI ARMADHITA |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 07:28 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 07:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62676 |
Available Versions of this Item
- PENGARUH FOMO E-WOM DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MARKET PLACE SHOPEE PADA MAHASISWA FEBI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. (deposited 01 Oct 2025 07:28) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |