TRI RATNANING KUSUMA DEWI, 1880501230020 and AKHYAK, 196710291994031004 and IMAM JUNARIS, 196902052003121005 (2025) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU DAN PENGARUHNYA TERHADAP BUDAYA SEKOLAH (Study Sequential Exploratory Mixed Method di SMKN 2 Boyolangu Tulungagung). [ Thesis ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (806kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru dan Pengaruhnya terhadap Budaya Sekolah (Study Sequential Explanatory Mixed Method di SMKN 2 Boyolangu Tulungagung) ditulis oleh Tri Ratnaning Kusuma Dewi dengan pembimbing Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag., dan Dr. H. Imam Junaris, S.Ag., M.H.I. Kata Kunci: Manajemen Sumber Daya Manusia, Produktivitas Kerja Guru, dan Budaya Sekolah Manajemen sumber daya manusia di lingkungan sekolah adalah kebijakan dan praktik menentukan aspek tenaga guru atau sumber daya guru dalam posisi manajemen, termasuk merekrut, menyaring, melatih, memberi penghargaan, dan penilaian kepada guru. Hal ini dimaksudkan agar SDM dapat bekerja secara efektif dan efisien sesuai dengan visi misi lembaga pendidikan atau dalam kata lain menunjukkan produktivitas kerja tinggi. Oleh karenanya perlu diketahui bagaimana implementasi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas kerja guru serta pengaruhnya terhadap budaya sekolah.1) Bagaimana perencanaan sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di SMKN 2 Boyolangu?; 2) Bagaimana rekrutmen dan seleksi sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di SMKN 2 Boyolangu?; 3) Bagaimana pengendalian sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di SMKN 2 Boyolangu?; 4) Bagaimana pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di SMKN 2 Boyolangu?; 5) Adakah pengaruh manajemen sumber daya manusia terhadap budaya sekolah di SMKN 2 Boyolangu?; 6) Adakah pengaruh produktivitas kerja terhadap budaya sekolah di SMKN 2 Boyolangu?; 7) Adakah pengaruh manajemen sumber daya manusia dan produktivitas kerja secara simultan terhadap budaya sekolah di SMKN 2 Boyolangu?. Penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan model sequential exploratory mixed method yaitu dengan urutan penelitian kualitatif kemudian penelitian kuantitatif. Analisis kualitatif menggunakan Miles dan Huberman. Sedangkan untuk kuantitatif jumlah responden Adalah 89 guru di SMKN 2 Boyolangu Tulungagung. Analisis kuantitatif menggunakan IBM SPSS Statistic 21. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di SMKN 2 Boyolangu meliputi adanya penggunaan AGTK (Analisis Guru dan Tenaga Kependidikan) untuk melihat kebutuhan guru di sekolah; 2) Rekrutmen dan seleksi sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di SMKN 2 Boyolangu meliputi pembukaan lowongan pekerjaan, kemudian calon guru mengirim berkas administrasi ke sekolah, dilanjutkan dengan seleksi wawancara, serta tahap terakhir adalah praktik mengajar atau microteaching; 3) Pengendalian sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di SMKN 2 Boyolangu meliputi pengendalian berbasis kinerja pengendalian berbasis absensi atau kehadiran; 4) Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di SMKN 2 Boyolangu meliputi adanya mentoring, diklat, workshop, MGMP, kegiatan Yuk Berbagi, pelatihan di PMM (Platform Merdeka Mengajar), serta adanya kegiatan magang langsung ke industri untuk guru; 5) Manajemen sumber daya manusia memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap budaya sekolah dengan besarnya pengaruh adalah 28,9% dan signifikansi adalah p = 0,000; 6) Produktivitas kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap budaya sekolah dengan besarnya pengaruh adalah 46% dan signifikansi adalah p = 0,000; dan 7) manajemen sumber daya manusia dan produktivitas kerja secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap budaya sekolah dengan besarnya pengaruh adalah 52,8% dan signifikansi adalah p = 0,000.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Manajemen > Pendidikan Islam Sumber Daya Manusia |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 1880501230020 TRI RATNANING KUSUMA DEWI |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 03:38 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 03:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62677 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |