ENO CIKA ANISAH, 126205211027 and MUHAMMAD AFTHON ULIN NUHA, 199304262020121009 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POP-UP BOOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MUFRODAT SISWA MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Pemahaman Mufrodat Siswa MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol” ini ditulis oleh Eno Cika Anisah, NIM 126205211027, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha, M. Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Pop-Up Book, Mufrodat, Bahasa Arab Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Bahasa Arab dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit oleh siswa. Proses pembelajaran lebih berpusat kepada guru yang hanya menggunakan metode ceramah dan sumber belajar yang digunakan berupa buku saja, sehingga kondisi tersebut membuat siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi dan mudah merasa bosan. Berdasarkan hal tersebut, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami materi dan menarik perhatian siswa saat pembelajaran. Pengembangan media Pop-Up Book ini dapat mempermudah siswa dalam membantu memahami dan menghafal materi dengan ilustrasi yang ada di dalam Pop-Up Book saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan pengembangan dan kelayakan media pembelajaran berbasis Pop-Up Book pada mata pelajaran Bahasa Arab dalam meningkatkan pemahaman mufrodat siswa kelas II, (2) Mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran berbasis Pop-Up Book pada mata pelajaran Bahasa Arab dalam meningkatkan pemahaman mufrodat siswa kelas II. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan tes. Validasi dilakukan oleh satu orang dosen ahli media, satu orang dosen ahli materi dan satu orang guru ahli pembelajaran. Subjek uji coba terbatas dilakukan terhadap 20 siswa kelas II di MI Hidayatul Mubtadiin Wates. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Media pembelajaran pop-up book Bahasa Arab telah berhasil dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan. Media ini dikembangkan ke dalam bentuk buku cetak yang telah disesuaikan dengan materi, tujuan pembelajaran, kebutuhan dan karakteristik siswa. Kelayakan produk berdasarkan dari ahli media mendapatkan persentase sebesar 80%, ahli materi sebesar 97,7%, dan ahli pembelajaran sebesar 97,3%. Hal ini media pembelajaran pop-up book memenuhi kriteria sangat valid. (2) Hasil efektivitas pengembangan media pop-up book dalam meningkatkan pemahaman mufrodat siswa kelas II dilakukan dengan cara uji normalitas dengan hasil nilai sig 0,476 > 0,05 dan hasil uji-t nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Untuk hasil angket respon siswa memperoleh persentase sebesar 88,75% hal ini termasuk kriteria sangat efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Arab.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205211027 ENO CIKA ANISAH |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 06:22 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 06:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62687 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |