PENGARUH MODEL READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE (RADEC) TERHADAP KETERLIBATAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V MI AL HIDAYAH 2 BETAK KALIDAWIR

WARDAH UMNIA NABILLAH, 126205211078 and NITA AGUSTINA NURLAILA EKA ERFIANA, 19890812023212069 (2025) PENGARUH MODEL READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE (RADEC) TERHADAP KETERLIBATAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V MI AL HIDAYAH 2 BETAK KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (395kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Read, Answer, Discuss, Explain and Create (RADEC) terhadap Keterlibatan Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir” ini ditulis oleh Wardah Umnia Nabillah, NIM 126205211078, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagun, yang dibimbing oleh Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata Kunci : Model RADEC, Keterlibatan Siswa, Pendidikan Pancasila Pembelajaran Pendidikan Pancasila di tingkat Madrasah Ibtidaiyah sering kali dihadapkan pada tantangan rendahnya keterlibatan siswa selama proses belajar mengajar. Hal ini disebabkan oleh dominannya penggunaan model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru (teacher centered), seperti metode ceramah, yang cenderung membuat siswa menjadi pendengar pasif. Akibatnya, siswa kurang aktif dalam berpikir, berdiskusi, dan mengeksplorasi nilai-nilai Pancasila secara mendalam. Keterlibatan siswa yang rendah tidak hanya berdampak pada pemahaman konseptual, tetapi juga pada motivasi dan sikap terhadap pelajaran. Padahal, Pendidikan Pancasila bertujuan untuk menanamkan nilai dan karakter kebangsaan yang hanya dapat tumbuh melalui keterlibatan aktif dan reflektif. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran inovatif yang mampu mengubah pola pembelajaran menjadi lebih interaktif dan berpusat pada siswa. Model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) dipandang relevan karena menekankan pada kegiatan literasi, pemecahan masalah, kolaborasi, hingga penciptaan karya sebagai bentuk keterlibatan utuh siswa. Melalui pendekatan ini, diharapkan siswa tidak hanya memahami materi secara pasif, tetapi juga terlibat secara kognitif, afektif, dan perilaku dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menganalisis pengaruh model Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas V MI Al-Hidayah 2 Betak Kalidawir. 2) Mengukur besarnya pengaruh model Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas V MI Al-Hidayah 2 Betak Kalidawir. Penelitan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas dengan desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling jenis simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Al-Hidayah 2 Betak Kalidawir. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-Test dan uji Cohen’s d. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari model Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas V MI Al-Hidayah 2 Betak Kalidawir. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi uji Paired Sample T-Test sebesar 0,001. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis apabila signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Besarnya pengaruh model RADEC terhadap keterlibatan siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas V termasuk dalam kategori besar.hal ini dibuktikan dengan hasil uji Cohen’s d sebesar 1,94. Jika dilihat dari kategori interpretasi Cohen’s d 1,94 > 0,8 maka pengaruh model RADEC terhadap keterlibatan siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas V termasuk dalam kategori besar (large effect).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205211078 WARDAH UMNIA NABILLAH
Date Deposited: 10 Oct 2025 02:25
Last Modified: 10 Oct 2025 02:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62860

Actions (login required)

View Item View Item