KHOIRUR ROHMAH AGUSTINA, 126201211038 and KHUSNUL MUFIDATI, 198908232023212042 (2025) PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK (Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di MAN 3 Tulungagung). [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (552kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 3 Tulungagung” ditulis oleh Khoirur Rohmah Agustina, NIM 126201211038, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Khusnul Mufidati, S.Sy., M.Pd.I Kata Kunci: Media Audio visual, pemahaman siswa, Al-Qur’an Hadits Penelitian ini menggali pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 3 Tulungagung sebagai upaya untuk meningkatkan minat dan pemahaman peserta didik. Pembelajaran yang selama ini masih banyak menggunakan metode konvensional dirasakan kurang mampu menjangkau berbagai gaya belajar siswa dan kurang memotivasi mereka secara optimal. Media audio visual dianggap sebagai media pembelajaran yang mampu menghadirkan rangsangan visual dan auditori sehingga dapat memperkaya pengalaman belajar dan mempermudah pemahaman materi yang bersifat tekstual dan konseptual. Penelitian ini bertujuan (1) untuk menganalisis pemanfaatan media audio visual dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 3 Tulungagung, (2) untuk menganalisis faktor pendukung dalam pemanfaatan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits di MAN 3 Tulungagung, (3) untuk menganalisis faktor penghambat dalam pemanfaatan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 3 Tulungagung. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data, peneliti juga melakukan triangulasi sumber agar data yang diperoleh lebih valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pemanfaatan media audio visual pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 3 Tulungagung efektif meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman siswa karena penyampaian materi yang menarik, variatif, dan sesuai gaya belajar masa kini. (2) Faktor pendukung meliputi fasilitas memadai, akses mudah, respon positif siswa, ketrampilan guru muda, waktu pembelajaran cukup, serta fleksibelitas penggunaan media. (3) Faktor penghambat meliputi waktu persiapan, perbedaan ketrampilan guru, keterbatasan fasilitas, gangguan teknis, dan kondisi siswa yang beragam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Hadist Agama > Al Quran Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201211038 KHOIRUR ROHMAH AGUSTINA |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 04:20 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 04:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |