PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS DESKRIPSI BERTEMA KULINER BLITAR UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTS

NAFIT DATUL NIKMAH, 126210213119 and RULI ANDAYANI, 198702242025212009 (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS DESKRIPSI BERTEMA KULINER BLITAR UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTS. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (873kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul, “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Deskripsi Bertema Kuliner Blitar untuk Siswa kelas VII SMP/MTs” ini ditulis oleh Nafit Datul nikmah, NIM. 126210213119, dengan pembimbing Ibu Ruli Andayani, M.Pd. Kata Kunci: Bahan Ajar, Menulis Teks Deskripsi, Kuliner Blitar Bahan ajar Bahasa Indonesia yang memuat materi menulis teks deskripsi bertema kuliner Blitar saat ini sangat dibutuhkan oleh sebagian siswa SMP/MTs. Sebagian bahan ajar yang digunakan di sekolah masih bersifat umum dan pemilihan materi yang tidak relevan dengan lingkungan siswa. hal tersebut berdampak pada rendahnya keterlibatan siswa dan motivasi siswa dalam menulis teks deskripsi. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan bahan ajar yang menyajikan materi kontekstual dan konsisten sesuai dengan pengalaman siswa. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar menulis teks deskripsi bertema kuliner Blitar untuk siswa kelas VII SMP/MTs yang menarik, relevan, kontekstual, dan mudah dipahami oleh siswa; (2) mendeskripsikan uji kelayakan bahan ajar menulis teks deskripsi bertema kuliner Blitar untuk siswa kelas VII SMP/MTs; (3) menguji keefektifan bahan ajar menulis teks deskripsi bertema kuliner Blitar untuk siswa kelas VII SMP/MTs. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan yang dilakukan pada model pengembangan ADDIE meliputi (1) analisis, (2) desain produk, (3) pengembangan produk, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui analisis kebutuhan guru dan siswa, masukan ahli bahan ajar, ahli materi, praktisi, serta tanggapan siswa. sementara itu, data kuantitatif diperoleh dari hasil analisis kebutuhan siswa, validasi ahli, dan uji coba siswa, baik dalam bentuk angket maupun hasil pre-test dan post-test. Hasil validasi bahan ajar oleh ahli pada tahap pertama diperoleh persentase rata-rata penilaian 74% secara keseluruhan aspek. Hal ini berarti bahan ajar sudah layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Namun, para ahli memberikan saran dan komentar untuk direvisi. Setelah direvisi, validasi berlanjut pada tahap kedua sebagai penyempurnaan produk memperoleh persentase rata-rata penilaian 96%secara keseluruhan aspek. Aspek tersebut meliputi aspek kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan. Kemudian bahan ajar diimplementasikan kepada 36 siswa dan memperoleh respons positif dengan skor rata-rata 94% serta peningkatan hasl belajar yang signifikan berdasarkan N-Gain Score sebesar 0,80 (kategori tinggi). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar menulis teks deskripsi bertema kuliner Blitar yang telah dikembangkan memiliki kualifikasi sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMP/MTs.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210213119 NAFIT DATUL NIKMAH
Date Deposited: 23 Oct 2025 03:56
Last Modified: 23 Oct 2025 03:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62935

Actions (login required)

View Item View Item