STRATEGI PUBLIC RELATIONS BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA KEDIRI DALAM MENINGKATKAN LITERASI ZAKAT DI KOTA KEDIRI

AGUNG WICAKSONO, 126404212019 and SUMINTO, 197904072025211008 (2025) STRATEGI PUBLIC RELATIONS BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA KEDIRI DALAM MENINGKATKAN LITERASI ZAKAT DI KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (681kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Public Relations Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Kediri Dalam Meningkatkan Literasi Zakat di Kota Kediri” ini ditulis oleh Agung Wicaksono, NIM. 126404212019, dengan pembimbing oleh Dr. Suminto, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi, Public Relations, Literasi Zakat, BAZNAS Penelitian ini dilatarbelakangi oleh potensi tahunan zakat di Indonesia sekitar Rp.327 Triliun. Ditambah lagi kasus kantong bocor dana umat yang melibatkan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang mengungkapkan adanya penyelewengan dana zakat. Serta strategi apa saja yang digunakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Kediri dalam meningkatkan literasi zakat di Kota Kediri. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih keilmuan tentang (1) Strategi penyajian berita dan informasi BAZNAS Kota Kediri dalam meningkatkan literasi zakat di Kota Kediri (2) Strategi publisitas produk BAZNAS Kota Kediri dalam meningkatkan literasi zakat di Kota Kediri. (3) Strategi konseling dalam mendukung public relations BAZNAS Kota Kediri dalam meningkatkan literasi zakat di Kota Kediri. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diambil secara langsung di lapangan. Sedangkan pengecakan keabsahan temuan dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Teknis analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi penyajian berita dan informasi BAZNAS Kota Kediri dalam meningkatkan literasi zakat di Kota Kediri yaitu menyampaikan berita dan informasi yang akurat, pemilihan media dalam menjaga kebenaran berita dan informasi, tanggungjawab dalam penyajian berita dan informasi untuk ruang diskusi public, menyampaikan berita dan informasi yang dapat mempengaruhi opini public dan menarik perhatian para audiens. 2) Strategi publisitas produk BAZNAS Kota Kediri dalam meningkatkan literasi zakat di Kota Kediri yaitu meningkatkan kesadaran merk, meningkatkan penjualan program, menyampaikan informasi yang mendalam, melibatkan konsumen (muzakki dan mustahik), dan meningkatkan loyalitas para muzakki. 3) Strategi konseling dalam mendukung public relations BAZNAS Kota Kediri dalam meningkatkan literasi zakat di Kota Kediri yaitu mengurangi perasaan negatif para calon muzakki, merubah perilaku calon muzakki, meningkatkan hubungan interpersonal antara amil dan muzakki, merekrut dan mempertahankan tenaga konseling yang berkualitas, dan tenaga konselor dalam memanajemen waktu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Agama > Wakaf
Agama > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 126404212019 AGUNG WICAKSONO
Date Deposited: 10 Oct 2025 06:27
Last Modified: 10 Oct 2025 06:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62968

Actions (login required)

View Item View Item