IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI MTsN 3 TULUNGAGUNG

ALFINA KAMILIA, 126208211003 and ENI SETYOWATI, 197605062006042002 (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI MTsN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (425kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di MTsN 3 Tulungagung” ini ditulis Alfina Kamilia, NIM. 126208211003, dengan pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai fenomena pendidikan, salah satunya dampak signifikan dari Covid-19 yang menyebabkan krisis pembelajaran serta menyempurnakan kurikulum sebelumnya yang dianggap terlalu padat, tidak fleksibel dalam memfasilitasi kebutuhan belajar yang beragam. Kurikulum merdeka ini dirancang sebagai solusi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan pembelajaran yang fleksibel dan berorientasi pada siswa serta mengintegrasikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Kurikulum ini juga menekankan pada pembelajaran berdiferensiasi sehingga guru diberi kebebasan untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran IPA kelas VII di MTsN 3 Tulungagung; (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPA kelas VII di MTsN 3 Tulungagung; (3) untuk mendeskripsikan evaluasi penilaian kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPA kelas VII di MTsN 3 Tulungagung; (4) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPA kelas VII di MTsN 3 Tulungagung. Metode penelitian dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari narasumber atau responden dan buku-buku pustaka serta referensi lainnya yang relevan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Penelitian ini memperoleh hasil: (1) Perencanaan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka dilakukan dengan peningkatan kompetensi guru dalam menunjang penyusunan perangkat pembelajaran, seperti modul ajar melalui pelatihan-pelatihan. (2) Pelaksaanaan Kurikulum Merdeka sudah berjalan dengan cukup baik. Kegiatan Pelajar mengajar yang meliputi pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup serta menerapkan Projek P5-PPRA. (3) Bentuk evaluasi penilaian dari pihak madrasah yaitu melalui monitoring secara berkala berupa buku jurnal. Sementara evaluasi penilaian yang digunakan dalam pembelajaran IPA yaitu asesmen diagnostik, asesmen formatif dan asesmen sumatif. (4) Faktor pendukung dalam implementasi kurikulum merdeka yaitu tersedianya pelatihan, sarana dan prasana yang mendukung, tersedianya perangkat pembelajaran, dan kompetensi guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah proyek yang membutuhkan output, sarana dan prasarana yang terbatas, kendala guru dalam pembelajaran kurikulum merdeka yang include menjadi satu (tematik), kesulitan guru dalam merubah karakter siswa, dan minat belajar siswa yang rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208211003 ALFINA KAMILIA
Date Deposited: 09 Oct 2025 02:56
Last Modified: 09 Oct 2025 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63028

Actions (login required)

View Item View Item