PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 NGADILUWIH KEDIRI

FIELA DELFINADA EZA PUTRI, 126208212052 and ENI SETYOWATI, 197605062006042002 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 NGADILUWIH KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (854kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif Pada Materi Perubahan Iklim Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Ngadiluwih” ini ditulis oleh Fiela Delfinada Eza Putri, NIM 126208212052, Pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci: Hasil Belajar, Keaktifan, Multimedia Interaktif, Problem Based Learning Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih menggunakan bahan ajar konvensional, dengan berjalan searah, berpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa dalam mengajar akan berdampak pada rendahnya minat peserta didik dalam belajar sehingga akan mempengaruhi keaktifan belajar dalam kelas. Peran pendidik dalam kelas diharapkan mampu mengembangkan keterampilan dalam menerapkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi sehingga keaktifan belajar dapat tumbuh dan hasil belajar peserta didik akan lebih optimal. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem-Based Learning berbantuan multimedia interaktif pada pembelajaran materi perubahan iklim terhadap keaktifan siswa; 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem-Based Learning berbantuan multimedia interaktif pada pembelajaran materi perubahan iklim terhadap hasil belajar siswa; 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem-Based Learning berbantuan multimedia interaktif pada pembelajaran materi perubahan iklim terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Ngadiluwih. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah eksperimen semu atau quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Lembar observasi digunakan untuk memperoleh data keaktifan belajar peserta didik. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh dokumentasi kegiatan di kelas X sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model problem based learning berbantuan multimedia interaktif dengan keaktifan belajar. Hal ini berdasarkan hasil uji yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000<0,05; 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model problem based learning berbantuan multimedia interaktif dengan hasil belajar. Hal ini berdasarkan hasil uji yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000<0,05; 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model problem based learnng berbantuan multimedia interaktif dengan keaktifan belajar dan hasil belajar. Hal ini berdasarkan hasil uji yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000<0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208212052 FIELA DELFINADA EZA PUTRI
Date Deposited: 09 Oct 2025 02:53
Last Modified: 09 Oct 2025 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63031

Actions (login required)

View Item View Item