ZAHRO’ ULUK AILIA, 126206211024 and ANA FALERA, 199212022022032002 (2025) HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOARD GAME TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TK AL HIDAYAH WONOREJO TALUN BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (832kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (765kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (435kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Zahro’ Uluk Ailia, 126206211024, Hubungan Media Pembelajaran Board Game terhadap Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Al Hidayah Wonorejo Talun Blitar. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2025, Pembimbing Ana Falera, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Board Game, Perkembangan Nilai Agama dan Moral Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ada di TK Al Hidayah Wonorejo Talun Blitar kelompok B. Masalah yang sering muncul sekarang ini adalah anak yang kehilangan nilai agama sejak dini dan kurangnya penerapan dalam kehidupan sehari-hari serta memudarnya nilai-nilai sopan santun. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, anak-anak cenderung jenuh dengan cara penyampaian materi di sekolah. Sehingga dengan adanya board game ini, bisa menjadi media pembelajaran sekaligus media permainan yang membuat anak-anak mampu memahami materi dengan lebih mudah dan menyenangkan. Rumusan masalah ini adalah (1) Adakah hubungan media pembelajaran board game terhadap perkembangan nilai agama anak kelompok B usia 5-6 tahun TK Al hidayah Wonorejo Talun Blitar (2) Adakah hubungan media pembelajaran board game terhadap perkembangan nilai moral anak kelompok B usia 5-6 tahun TK Al hidayah Wonorejo Talun Blitar (3) Adakah hubungan media pembelajaran board game terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak kelompok B usia 5-6 tahun TK Al hidayah Wonorejo Talun Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hubungan media pembelajaran board game terhadap perkembangan nilai agama anak kelompok B usia 5-6 tahun TK Al hidayah Wonorejo Talun Blitar (2) Untuk mengetahui hubungan media pembelajaran board game terhadap perkembangan nilai moral anak kelompok B usia 5-6 tahun TK Al hidayah Wonorejo Talun Blitar (3) Untuk mengetahui hubungan media pembelajaran board game terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak kelompok B usia 5-6 tahun TK Al hidayah Wonorejo Talun Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini Quasi Experimental. Populasi dalam penelitian ini peneliti menggunakan gugus yaitu dari lembaga-lembaga TK di lingkup Desa Wonorejo. Sampel dalam penelitian ini adalah total keseluruhan dari kelas B di Tk Al hidayah Wonorejo Talun Blitar. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji T-test Independent dan Uji MANOVA. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sgin.= 0,000 < 0,05, sehingga kriteria pengujian bahwa Ha diterima berarti ada hubungan penggunaan media pembelajaran board game terhadap perkembangan nilai agama anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Al Hidayah Wonorejo Talun Blitar (2) Sgin.= 0,000 < 0,05, sehingga kriteria pengujian bahwa Ha diterima berarti ada hubungan penggunaan media pembelajaran board game terhadap perkembangan nilai moral anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Al Hidayah Wonorejo Talun Blitar (3) Nilai signifikansi yang diperoleh dari Wilks' Lambda yaitu 0,000, dengan demikian Sign. ≤ 0,05, Sehingga kriteria pengujian menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu ada hubungan media pembelajaran board game terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Al Hidayah Wonorejo Talun Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 126206211024 ZAHRO' ULUK AILIA |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 03:01 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 03:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63032 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |