IMPLEMENTASI AKAD MURABAHAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN CICIL EMAS STUDI KASUS BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG CEMPAKA MAS KABUPATEN JOMBANG

SILVIA PUTRI DAMAYANTI, 126401212067 and NUR AZIZ MUSLIM, 197407162009011006 (2025) IMPLEMENTASI AKAD MURABAHAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN CICIL EMAS STUDI KASUS BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG CEMPAKA MAS KABUPATEN JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (534kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Akad Murabahah pada Produk Pembiayaan Cicil Emas Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Kantor Cempaka Mas Kabupaten Jombang”, ditulis oleh Silvia Putri Damayanti NIM. 126401212067, dengan Pembimbing Dr. Nur Aziz Muslim, M.H.I. Kata Kunci: Bank Syariah Indonesia, Cicil Emas, Akad Murabahah, Pembiayaan Syariah, Investasi Emas, Strategi Pemasaran. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan lembaga keuangan berbasis syariah yang beroperasi sesuai prinsip Islam dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS). Salah satu produk unggulannya adalah Cicil Emas, yaitu pembiayaan kepemilikan emas batangan melalui skema cicilan dengan akad murabahah. Produk ini diminati masyarakat karena prosesnya yang mudah, syarat yang ringan, serta nilai emas yang stabil sebagai bentuk investasi jangka panjang. Dalam pelaksanaannya, nasabah dapat membeli emas merek Antam dengan berat mulai dari 10 hingga 150 gram, dengan harga yang disesuaikan fluktuasi pasar namun disepakati sejak awal transaksi. Kehadiran produk Cicil Emas di BSI Cempaka Mas Jombang menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin berinvestasi emas namun memiliki keterbatasan dana, sekaligus menjadi bagian dari strategi BSI dalam memperluas layanan berbasis prinsip syariah dan meningkatkan kepercayaan nasabah. Tujuan penelitian ini diharapakan mampu memberikan sumbangsih keilmuan (1) Mengidentifikasi Implementasi Akad Murabahah Pada Produk Pembiayaan Cicil Emas Oleh Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Cempaka Mas Jombang. (2) Menganalisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Cicil Emas dengan Akad Murabahah Yang digunakan Oleh Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Cempaka Mas Jombang. Metode Penelitian dengan menggunakan penelitian Studi Kasus yaitu menjelaskan kajiannya dengan menganalisis fakta secara sistematis dari objek pembahasan yang diteliti. Sumber data yang diteliti adalah dari data kepustakaan atau studi kepustakaan. Pendekatan yang dilakukan dalam mempelajari tulisan dari sudut pandang ilmiah. Hasil Penelitian ini Menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa akad murabahah efektif digunakan dalam produk cicil emas Bank Syariah Indonesia (BSI), karena memberikan kesempatan kepada nasabah untuk berinvestasi emas secara terjangkau. Nasabah hanya perlu membayar uang muka 20% dan mencicil sisanya selama minimal 12 bulan, dengan harga jual yang mencakup margin keuntungan bank. Selain itu, strategi pemasaran yang diterapkan BSI seperti sosialisasi, promosi digital, dan distribusi brosur terbukti berhasil meningkatkan minat masyarakat. Hal ini terlihat dari jumlah nasabah yang meningkat dua kali lipat dalam dua tahun terakhir.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 126401212067 SILVIA PUTRI DAMAYANTI
Date Deposited: 10 Oct 2025 06:57
Last Modified: 10 Oct 2025 06:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63049

Actions (login required)

View Item View Item