MAYA FIDANATA, 2814133110 (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN SETTING KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (775kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (946kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (731kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (171kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning dengan Setting Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Barisan dan Deret Kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Maya Fidanata, NIM. 2814133110, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh H.Abdulloh Chakim, M.Pd. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Discovery Learning dengan Setting Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Siswa, Materi Barisan dan Deret. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas program pembelajaran di Sekolah, sering kali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan. Salah satunya yaitu SMK PGRI 1 Tulungagung, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Pada mata pelajaran matematika hasil belajar siswa relatif rendah, karena pembelajaran yang dilakukan oleh guru Matematika kurang bervariasi, penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran matematika seringkali terlalu dominan, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran Matematika ada beberapa metode pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah Metode Discovery Learning dengan Setting Kooperatif Tipe Jigsaw, yaitu suatu metode dan model pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar aktif dan bertujuan agar peserta didik mempunyai jiwa kemandirian, keaktifan, dan kerjasama dalam belajar serta menumbuhkan daya hasil belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan bahwa penerapan metode pembelajaran Discovery Learning dengan setting Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi barisan dan deret kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui bahwa penerapan metode pembelajaran Discovery Learning dengan setting Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi barisan dan deret kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila 75% dari peserta didik mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 75. Prosedur penelitian diawali dengan kegiatan guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan pre test untuk mengukur tingkat pemahaman materi yang diajarkan. Pada kegiatan inti guru membagi siswa dalam beberapa kelompok asal dan kelompok ahli untuk mencari penemuan dari masalah yang diberikan oleh guru melalui metode pembelajaran discovery learning dengan setting kooperatif tipe jigsaw. Pada kegiatan akhir guru dan siswa menyimpulkan materi bersama-sama kemudian guru memberikan post test untuk mengetahui tingkat ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode pembelajan Discovery Learning dengan Setting Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada post test siklus I dari nilai rata-rata 58,58 pada pre test menjadi 72,25 pada post test siklus I. Rata-rata post test siklus I ini meningkat pada post test siklus II menjadi 91,87. Persentase peserta didik yang menuntaskan KKM pada siklus I juga meningkat dari yang semula 30,77% (pre test) menjadi 57,50% (post test siklus I). Prosentase peserta didik yang menuntaska KKM pada siklus II sebesar 95%. Ini membuktikan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning dengan Setting Kooperatif Tipe Jigsaw dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Barisan dan Deret Kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133110 MAYA FIDANATA |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 07:00 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 07:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6306 |
Actions (login required)
View Item |