KAJIAN BUDAYA DALAM MEMBENTUK GAGASAN KONTEN INFLUENCER UIN SATU TULUNGAGUNG

PUTRA BAYU FIRMANSYAH, 126304211052 and UCIK ANA FARDILLA, 198309172023212029 (2025) KAJIAN BUDAYA DALAM MEMBENTUK GAGASAN KONTEN INFLUENCER UIN SATU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (924kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (511kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)

Abstract

Maraknya fenomena influencer yang merebak di Indonesia tidak terlepas dari perkembangan media digital. Perkembangan media digital ini menawarkan beberapa fitur yang dapat memberikan ladang penghasilan bagi seseorang. Influencer adalah seseorang yang mempunyai jumlah pengikut yang banyak dalam platform media sosial tertentu dan dianggap sebagai pemimpin opini yang dipercaya oleh banyak orang. Melihat banyaknya dampak positif menjadi influencer ini tidak terlepas dari mahasiswa UIN SATU Tulungagung yang berbondong-bondong mengolah akun media sosialnya sebagai peluang menjadi influencer. Mahasiswa yang tertarik menjadi influencer ini tidak terlepas dari lingkungan kampus yang menjunjung tinggi budaya bermedia. Banyak faktor yang menjadikan mahasiswa tertarik menjadi influencer, selain bisa terkenal dan mendatangkan penghasilan, juga bisa berbagi informasi positif pada khalayak umum. Budaya bermedia di UIN SATU Tulungagung tidak hanya berkaitan dengan akses teknologi, tetapi juga berkaitan dengan pola interaksi sosial yang membentuk konten digital. Gagasan Influencer kampus sering kali terbentuk oleh nilai-nilai lokal, norma sosial, serta tren global yang diadaptasi dalam konteks lokal. Rumusan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana media dan budaya dalam pembuatan konten influencer UIN SATU?, 2) Bagaimana manfaat media dan budaya dalam konten influencer UIN SATU?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana media dan budaya dalam pembuatan konten influencer UIN SATU, 2) untuk mengetahui bagaimana manfaat media dan budaya dalam konten influencer UIN SATU. Penelitian ini dilandasi oleh aspek-aspek dari media dan budaya dalam pembuatan konten oleh influencer serta manfaat media dalam konten influencer. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui dua cara, yakni data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sementara data sekunder didapatkan melalui kajian literatur terdahulu terkait media dan budaya. Pembahasan penelitian menggunakan teori utama media dan budaya dari Joseph B. Mc Fadden dan kajian penelitian terdahulu yang relevan. Objek pada penelitian adalah kampus UIN SATU Tulungagung dengan subjek 3 influencer kampus UIN SATU Tulungagung yang memiliki jumlah pengikut yang signifikan dan akunnya berada dalam tingkat viralitas stabil, serta memiliki karakteristik konten yang berbeda. Influencer tersebut adalah Aidar Rofiq, Mahira Diffa, dan Muhammad Fascho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer UIN SATU Tulungagung dalam membuat konten menyesuaikan dengan budaya bermedia mahasiswa dan memperhatikan hal-hal terupdate serta disesuaikan dengan kebutuhan pengikutnya yang mana mayoritas adalah mahasiwa. Konten ketiga influencer yang menjadi subjek penelitian memberikan kesan positif bagi followers dan masyarakat, karena tidak jarang konten yang di uploud FYP. Konten yang tersaji di setiap aman sosial media para influencer juga menyampaikan informasi terkait berita kampus, sehingga memberikan edukasi bahkan terjadi two way communications antara influencer dengan pihak kampus dan influencer dengan followers. Konten-konten yang diuploud influencer di media sosial juga memberikan keuntungan bagi influencer sendiri yakni dari segi finansial dan sosial. Influencer juga dinilai mempunyai peran yang krusial dalam mempromosikan suatu produk di media sosial karena influencer merupakan role model yang dianggap benar dan dipercaya oleh para pengikutnya. Kata Kunci: Budaya, Media, Influencer, Kampus, UIN SATU

Item Type: Skripsi
Subjects: Penyiaran Islam
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 126304211052 PUTRA BAYU FIRMANSYAH
Date Deposited: 10 Oct 2025 06:46
Last Modified: 10 Oct 2025 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63069

Actions (login required)

View Item View Item