INDAH RAUDATUL JANAH, 126205213224 and SITI ZUMROTUL MAULIDA, 196308172014112003 (2025) IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENDUKUNG TERBENTUKNYA PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI KREATIF PADA PESERTA DIDIK MI DARUL ULUM SAMBIROBYONG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (495kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (871kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Indah Raudatul Janah. 126205213224. Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Mendukung Terbentuknya Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif Pada Peserta Didik MI Darul Ulum Sambirobyong Tulungagung, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. 2025. Pembimbing: Dr. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci : Ekstrakurikuler Pramuka, Profil Pelajar Pancasila, Dimensi Kreatif Era abad ke-21 ini terjadi revolusi industri 4.0 dan memasuki era society 5.0 dimana perkembangan teknologi digital dan kecerdasan buatan sangat berkembang pesat. Di tengah kemajuan teknologi ini, manusia dituntut untuk tidak hanya menjadi pengguna, tetapi juga memanfaatkannya dengan cerdas dan bijak. Hal ini penting karena persaingan global semakin ketat. Jika tidak bisa berinovasi dan mengikuti perkembangan, maka bisa tertinggal dan tergeser. Untuk menghadapi tantangan ini, Kemendikbudristek merancang 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila sebagai perwujudan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Salah satunya dimensi kreatif. Keterampilan kreatif memungkinkan manusia dalam memunculkan gagasan dan menciptakan daya cipta berkreasi dan solusi inovatif sehingga mampu beradaptasi dengan perubahan dan mampu memecahkan masalah yang terjadi. Profil Pelajar Pancasila dibangun melalui aspek kehidupan sehari-hari peserta didik termasuk ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler Pramuka dapat menjadi wadah yang efektif untuk mengembangkan keterampilan kreatif peserta didik karena terdapat kegiatan yang mengasah kemampuan berpikir kreatif, dan kreativitas, serta mampu memecahkan masalah secara inovatif. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan peserta didik mampu menghadapi dan mengatasi tantangan serta perkembangan zaman secara bijak dan inovatif. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi ekstrakurikuler Pramuka dalam mendukung terbentuknya Profil Pelajar Pancasila dimensi kreatif pada peserta didik MI Darul Ulum Sambirobyong. Pendekatan penelitian menggunakan fenomenologis karena tujuan penelitian ini berusaha mendapatkan gambaran dan mendeskripsikan kondisi sebenarnya dengan jelas, dan lengkap. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan dengan menentukan tujuan kegiatan, sasaran ekstrakurikuler Pramuka di MI Darul Ulum Sambirobyong adalah kelas IV dan V, pihak sekolah mendukung kegiatan dengan memperhatikan kualitas pembina, dan menyediakan sarana prasarana. Pelaksanaan esktrakurikuler Pramuka dilaksanakan hari jum’at setelah pulang sekolah jam 3 sampai setengah 5, pembukaan kegiatan dilakukan dengan baris, salam, berdo’a, penyampaian materi. Inti kegiatan dalam mendukung dimensi kreatif dengan kegiatan pionering, permainan jaring laba-laba dan halang rintang. Saat kegiatan tersebut secara nyata mendorong peserta didik untuk memunculkan ide-ide inovatif, mencari solusi untuk mengatasi berbagai tantangan, serta bekerja sama dalam menyelesaikan masalah secara efektif. Penutup kegiatan dilakukan dengan baris, refleksi, bersalaman, berdo’a. Pembina Pramuka dan Kepala Madrasah memberi motivasi dan dorongan berupa apresiasi. Pihak sekolah memberi sanksi dan hukuman kepada peserta didik yang tidak bertanggung jawab dalam mengikuti ekstrakurikuler Pramuka, mengingat bahwa ekstrakurikuler Pramuka di MI Darul Ulum Sambirobyong adalah kegiatan wajib.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205213224 INDAH RAUDATUL JANAH |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 05:40 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 05:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63135 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |