ARINI MAYANG FAUNI, 126201213232 and INDAH KOMSIYAH, 197605182007012021 (2025) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SMPN 5 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (652kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (187kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (287kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMPN 5 Kota Blitar” ini ditulis oleh Arini Mayang Fauni, NIM. 126201213232, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah (SATU) Tulungagung yang di bimbing oleh Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Spiritual Adanya penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa keberhasilan siswa di dunia pendidikan saat ini cenderung hanya diukur dari aspek intelektual, sementara aspek spiritual sering kali diabaikan, terutama pada jenjang pendidikan menengah pertama. Padahal, kecerdasan spiritual memiliki peran yang sangat penting sebagai pengendali perilaku serta pondasi moral dalam kehidupan bermasyarakat. Nilai-nilai spiritual dibutuhkan untuk membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia dan mampu menghadapi tantangan zaman. Salah satu pendidikan formal yang memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai spiritual adalah melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di tingkat SMP. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Mendeskripsikan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Berdzikir dan Berdo’a Siswa di SMPN 5 Kota Blitar. (2) Mendeskripsikan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Sabar Siswa di SMPN 5 Kota Blitar. (3) Mendeskripsikan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Empati Siswa di SMPN 5 Kota Blitar. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, sumber datanya diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan vervikasi/kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data meliputi kredibilitas dengan perpanjangan pengamatan, triangualisasi, diskusi teman sejawat, dan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi guru PAI dalam meningkatkan berdzikir dan berdoa siswa dilakukan melalui kegiatan keagamaan pembiasaan harian seperti membaca doa sebelum dan sesudah pembelajaran, istighosah, tadarus, dzikir sesudah sholat. (2) strategi guru PAI dalam meningkatkan sabar diterapkan melalui menyisipkan kisah teladan, memberikan pembiasaan untuk menerima perbedaan pendapat dalam diskusi, serta pembiasaan refleksi, dan contoh nyata dalam pembelajaran. (3) strategi guru PAI dalam meningkatkan empati siswa dilakukan melalui kegiatan sosial keagamaan, kerja kelompok, bakti sosial, tutor sebaya dan pendekatan emosional dalam pembelajaran. Hal ini ditekankan bahwa strategi guru tidak hanya berfokus pada kecerdasan spiritual secara teori, tetapi juga menyatu dengan nilai-nilai spiritual agar siswa mampu menjadi pribadi yang baik dalam berperilaku dan berakhlak mulia.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | 126201213232 ARINI MAYANG FAUNI |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 06:42 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 06:42 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
